Minggu, 08 April 2018

Organisasi yang baik dan benar



Organisasi merupakan sebuah kata yang berasal dari Yunani yaitu Organon atau yang memiliki arti anggota suatu badan . Adapun seorang ahli bernama Max Weber mengatakan bahwa organisasi yaitu suatu hubungan struktur yang mana didalamnya memiliki tugasnya masing-masing sesuai dengan fungsinya.
Dan teori dari organisasi ini muncul di abad 19 yang berasal dari zaman revolusi Inggris dan juga lahirnya banyak perusahaan di Amerika Serikat. Dalam organisasi para anggota harus menjalankan tugas mereka sesuai dengan fungsinya serta dimana mereka di pengaruhi dan mempengaruhi orang yang berada didalamnya. Dan inilah arti dari organisasi tersebut.
Organisasi memiliki tujuan yang bermakna bahwa setiap orang memiliki suatu kepentingan dan dengan adanya organisasi ini maka semua orang yang terlibat didalamnya bisa menyatukan kepentingan serta tujuan mereka yang berbeda-beda untuk menjadikannya sebagai tujuan bersama .
Dan adanya organisasi ini dapat berpengaruh untuk mengembangkan organisasi dengan baik , pencapaian yang ingin diwujudkan suatu organisasi . serta adanya perekrutan anggota . itulah yang menjadikan tujuan dari organisasi ini dibuat. Berikut ini merupakan beberapa tujuan dari organisasi :
© Dapat mengatasi kekurangan dari seseorang serta mencapai suatu tujuan bersama
© Sebagai suatu wadah untuk mencapai tujuan bersama yang lebih efektif karena dilakukan bersama .
© Sebagai suatu wadah untuk menjadi seorang pengurus dan memiliki tugas
© Sebagai wadah dalam mencapai keuntungan bersama
© Tempat untuk mengelola suatu anggota badan bersama -sama
© Sebagai salah satu cara untuk mendapatkan penghargaan.
© Tempat untuk turut andil dalam suatu perkumpulan dan disinilah seseorang bisa mendapatkan apa yang diimpikannya
© Untuk menambah teman dan untuk memanfaatkann waktu luang dengan hal yang positif; memiliki arti yang besar dalam menentukan kelangsungan dan juga teewujudnya suatu mimpi bersama .
Tentunya para anggota yang berada dalam suatu organisasi memiliki tujuan yang berbeda-beda .  Walaupun begitu tak sedikit orang yang turut dalam suatu organisasi karena ingin menambah pergaulan .
Ciri- ciri organisasi yang baik dan efisien
Sebuah perkumpulan tentunya .memiiliki ciri -cirinya sendiri yang mana dalam mendaparkan suatu mimpi yang mereka inginkan dan juga dalam mencapai .apa yang menjadi tujuan mereka .secara bersama -sama. Dan berikut ini beberapa ciri - ciri dari organisasi yang baik dan efektif yang bisa Anda simak :
Bagaimana cara Organisasi yg baik,benar dan terhormat?
Pertama, organisasi harus memiliki anggota yang jelas identitas dan kuantitasnya. Untuk saat ini, setiap organisasi yang modern pasti menuntut para anggotanya memiliki KTA (kartu tanda anggota). Maka, tidak dibenarkan istilah ”Romli” atau “rombongan liar” yang merupakan kumpulan dari ”Talap” alias “anggota gelap” dari sebuah ”OTB” singkatan dari “organisasi tanpa bentuk”.
   2: organisasi harus memiliki pula identitas yang jelas tentang keberadaannya dalam masyarakat. Artinya, jelas di mana alamat kantornya. Tampak pula aktivitas sehari-hari kantor tersebut dalam menjalankan roda organisasi. Ada pula nama, lambang, dan tujuan organisasi yang termuat dalam AD (anggaran dasar) dan ART (anggaran rumah tangga). Demikian pula struktur organisasinya. Masih banyak lagi yang bisa membuktikan keberadaan organisasi itu di mata masyarakat. Jika identitas tak jelas, maka jangan salahkan masyarakat bila menaruh curiga terhadap organisasi itu.
   3: organisasi harus memiliki pemimpin serta susunan manajemen yang juga jelas pembagian tugasnya. Masing-masing bagian, divisi, maupun seksi juga aktif memainkan perannya. Jadi, sangat ganjil dan dipastikan ”sakit parah” jika organisasi itu yang tampak paling aktif adalah ketuanya sehingga tampak seperti pertunjukan sirkus one man show dalam manajemen organisasi itu.
   4: dalam setiap aktivitas organisasi harus mengacu pada manajemen yang sehat. Misalnya, ada tiga tahapan dalam menjalankan roda organisasi, yaitu planning (peren-canaan), action (pelaksanaan), dan evaluation (penilaian). Ketiga tahapan itu selalu dimusyawarahkan dan melibatkan sebanyak mungkin anggotanya, terutama saat melewati tahap action. Dalam manajemen itu, yang juga harus mendapat perhatian serius adalah administrasi. Surat bernomor, kop surat, dan ciri-ciri administrasi lainnya yang lazim ada di sebuah organisasi.
   5: organisasi harus mendapat tempat di hati masyarakat sekitarnya. Artinya, organisasi itu dirasakan benar manfaatnya bagi masyarakat. Maka, kegiatan organisasi dituntut untuk mengakar kepada kebutuhan anggota khususnya, bahkan untuk masyarakat di sekelilingnya. Jika kelima syarat organisasi sehat itu sudah ada, maka janganlah ragu untuk berkiprah di organisasi itu. Ikutlah secara aktif di dalam organisasi itu apa pun peran atau tugas yang diberikan ketua atau atasan langsung Anda. Ingatlah, sekecil apa pun peranan Anda di suatu organisasi dan Anda berhasil menjalankan amanat itu, berarti Anda memiliki andil dalam menghidupkan organisasi tersebut. Anda harus bangga bahwa ternyata Anda masih bermanfaat bagi organisasi. Itu juga berarti Anda bermanfaat bagi orang lain yang ada di organisasi.
Kalau Anda sukses menjalankan tugas yang kecil tadi, pasti pemimpin Anda akan memberikan amanat yang makin besar dari waktu ke waktu. Bahkan, bukan suatu hal yang mustahil jika nanti Anda sendirilah yang memimpin organisasi itu. Modal pengalaman memimpin organisasi tadi pasti akan bermanfaat bagi Anda dalam terjun di organisasi kemasyarakatan yang lebih besar. Percayalah! Akhirnya, selamat berhikmat dalam organisasi.  Semoga menuai manfaat dari hikmat berorganisasi itu kelak bila hidup di tengah-tengah masyarakat, baik lingkup desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, negara, bahkan tingkat dunia. Amin.

Tidak ada komentar:

PREPEGAN

– Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata Prepegan ? Masyarakat Desa kebumen tentu tidak asing lagi mendengar kata Prepe...