Kamis, 28 Desember 2017

Batu permata atau berlian

Selamat malem netis Bakul getuk kembali berbagi cerita soal batu yang indah dan Berlian adalah batu permata yang paling berharga di Bumi. Sebenarnya, dari mana berlian berasal? Yuk, cari tahu!
Terbentuk Selama Miliaran Tahun
Berlian berasal dari dalam tanah, jauh di bawah kaki kita. Umumnya, batu paling keras di Bumi ini terkubur sedalam 160 km. Saat masih berada di dalam tanah, bentuknya masih berupa bebatuan keras. Bebatuan keras ini terbentuk dari karbon.
Unsur karbon itu mengalami tekanan yang luar biasa besar dan terkurung dalam suhu yang luar biasa panas selama miliaran tahun. Lama-lama, unsur ini menjadi rapat dan kaku. Itulah berlian.
Terdorong ke Permukaan Bumi
Lava yang ada di perut Bumi lama-lama mendorong bebatuan dari dalam ke permukaan Bumi. Saat ditemukan, berlian lebih mirip pecahan gelas. Begitu dipotong dan diasah, maka jadilah permata yang mengilap.
Pada 1950-an, para ilmuwan menemukan cara meniru proses ini. Lalu mereka menciptakan berlian buatan yang ukurannya kecil untuk digunakan sebagai ujung alat pemotong dan bor industri.
Berlian Terbesar
Berlian Cullinan adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan. Bobotnya mencapai 621 gram dengan diameter 10 cm. Berlian ini ditemukan pada 1905. Berlian Cullian dipotong menjadi sembilan bagian. Potongan terbesarnya diperkirakan seharga 400 juta dollar atau 1 triliun rupiah.
Macam-macam Warna
Ada bermacam-macam warna berlian, dari putih sampai hitam, biru sampai hijau, dan merah muda sampai ungu. Namun, warna yang paling langka adalah merah. Berlian merah memiliki susunan karbon yang berbeda dari berlian warna lain. Karena langka, berlian merah harnganya sangat mahal.
Itulah asal-usul berlian. Menurutmu, warna apa yang paling indah?

Banyaknya batu permata di bumi ini namun ada beberapa batu permata yang amat langka dan sulit untuk ditemukan. Membutuhkan jutaan tahun untuk menemukan batu permata ini.

Berikut beberapa batu permata yang amat langka dan asing bagi kita mendengar namanya. Batu permata, unik, mahal dan sangat berharga di dunia.

PINK STAR DIAMOND
Ini adalah permata termahal di Dunia. Batu permata yang memiliki 59,60 karat. Permata ini dijual seharga $ 60 juta pada sebuah lelang di Hong Kong pada tahun 2017.
TANZANITE
Batu permata ini dinamakan Tanzanite karena ditemukan di satu lokasi di bumi dekat perbukitan Merelani di Tanzania pada tahun 1967 oleh Manuel d'Souza.
GRANDIDIERITE
Batu permata ini sangat langka dan sulit untuk ditemukan. Pertama kali ditemukan oleh seorang penjelajah Prancis yang bernama Alfred Grandidier di Madagaskar Selatan pada tahun 1902. Batu permata ini dinamakan Grandidierite untuk mengenang nama penemu batu tersebut
JADEITE
Batu Jadeite ini semacam batu giok murni. Batu ini sangat berharga bagi masyarakat kuno, konon katanya batu ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit dengan menggosokkannya pada tubuh si penderita. Warna hijau ini lah salah satu warna yang sangat berharga
RED BERYL
Batu Red Beryl ini ditemukan di utah, Amerika Serikat. Batu permata ini banyak diminati karena warnanya yang indah dan salah satu permata yang sangat langka.
PAINITE
Batu permata ini ditemukan oleh seorang kolektor permata inggris bernama Arthur Charles Davy Pain, nama batu permata inipun sesuai dengan nama penemu. Dulu permata ini paling langka di dunia, namun pada belakangan ini banyak ditemukan.
ALEXANDRITE
Permata Alexandrite ini dapat berubah warna pada waktu-waktu tertentu. Konon pada jaman dahulu permata ini dijadikan simbol hadiah pernikahan yang ke 55 oleh para orang terdahulu.
BENITOITE
Permata Benitoite salah satu batu permata yang sangat langka dan relatif baru ditemukan. Ukuran permata ini tidak lebih dari 2 karat
POUDRETTEITE
Permata ini ditemukan oleh keluarga Poudrette pada tahun 1960-an di Kanada. Nama batu ini dinamain Poudretteite sesuai dengan nama penemunya. Harga perkaratnya mencapai $ 3.000 maka dari itu batu permata ini menjadi salah satu perhiasan termahal di dunia.
Netis yg pengin kaya langsung aja cari ini contoh gambar batu berlian hujau

Tidak ada komentar:

PREPEGAN

– Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata Prepegan ? Masyarakat Desa kebumen tentu tidak asing lagi mendengar kata Prepe...