Sabtu, 22 Juni 2019

Gaya Belajar Anak


Memahami gaya belajar anak sangat penting bagi orang tua juga buah hati kita. Saat ia tak mampu memahami beberapa materi di sekolah pada standar yang tidak sama dengan teman-temannya, solusi pertama yang terlintas dalam pikiran kita bisa jadi mendaftarkan si kecil pada sebuah bimbingan belajar atau menjadawalkan les privat, meski bisa jadi si kecil justru tak menginginkannya.
Permasalahan anak yang tidak memahami materi, bisa jadi terletak pada cara penyampaian materi yang digunakan. Anak memiliki kemampuan berbeda dalam menyerap informasi (dalam hal ini adalah materi pelajaran). Hampir sebagian siswa menguasai semua hal yang mereka baca atau lihat. Sementara sebagian cukup degan mendengar saja, dan sisanya harus mengalami, kemudian menuliskan atau menggambarkan materi yang dihadapi untuk kemudian barulah mereka dapat menyerap) materi tersebut. Kemampuan inilah yang kemudian mempengaruhi gaya belajar anak.
Beberapa Gaya Belajar Anak
Gaya belajar anak dapat dikelompokkan menjadi 3, dan setiap gaya menuntut cara khusus sebagai solusinya.
1. Anak Visual
Anak dengan tipe ini biasanya cenderung rapi, teratur dan necis dalam berpakaian. Sebagai orang tua sering kita memujinya sebagai anak yang sangat teratur dan paling rapi dikelas. Karena ia sanggup duduk memperhatikan guru mengajar dengan baik. Hanya saja saat dalam kelompok ia tidak begitu banyak bicara, dan ketika mendapat instruksi, ia akan menunggu teman-temannya bergerak barulah ia mengikuti. Gaya belajar anak visual adalah dengan memberikannya contoh-contoh nyata tentang materi yang diberikan. Ketika kita bicara tentang proses terjadinya hujan, maka ajak dia untuk menjerang air dalam panci dan kemudian mengamati tetesan uap air yang jatuh dari tutup ketika suhu disekitarnya turun.

2. Anak Auditory
Gaya belajar anak auditory sangatlah unik. Saat hendak ujian, anak dengan tipe ini malah meminta kita untuk membacakan materi yang hendak diujikan. Sementara ia dengan asik memeluk boneka Teddy atau mainan mobil kesayangannya. Meski kita sering dibuat kebat-kebit karena menganggapnya tidak serius belajar, ia sering kali berhasil membawa pulang nilai ujian yang tinggi. Jangan berharap ia akan mengisi buku penghubung atau memperhatikan papan pengumuman di pojok kelas, karena ia lebih suka diajak ngobrol dan berbicara tentang isi pengumuman itu. Untuk membantunya belajar cukup bicarakan materi tersebut beberapa kali (tapi jangan dalam waktu yang sama), dan ia akan mengingatnya kemudian. Misalkan ketika melihat hujan, maka katakana padanya,”Oh, air yang menguap dari kolam itu sekarang menjadi hujan setelah titik-titik uapnya yang terkumpul di awan itu terkena angin dan menjadi dingin.”
3. Anak Kinestis-taktil
Anak dengan tipe ini hampir tidak pernah dapat berdiam diri. Ia akan menggambar atau memainkan pensilnya saat guru menerangkan. Simbol, peta, lambang adalah hal tersulit baginya. Kita dapat memberikan padanya kartu urutan proses terjadinya hujan, acaklah kartu tersebut dan kemudian minta ia menempelkannya pada sebidang kertas atau papan tulis. Yang pengting kita bergerak dari tempat semula dia duduk. Alat peraga adalah teman belajar paling tepat bagi anak dengan gaya belajar tipe ini.

Sebagian besar anak, belajar dengan gabungan dari kedua gaya diatas, dan hanya sebagian kecil yang hanya memiliki satu gaya belajar. Untuk itu, perlu bagi kita meluangkan lebih banyak waktu guna memahami apa gaya belajar anak kita.
Kuis Untuk Mendeteksi Gaya Belajar Anak
Sebagai orang tua, mungkin Anda telah sering mendengar bahwa seorang anak mempunyai aneka gaya belajar yang unik. Namun sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara mendeteksi gaya belajar anak Anda?
Nah, kuis sederhana berikut dapat Anda pakai sebagai bahan awal untuk mendeteksi gaya belajar anak Anda.
Ayo, lakukan tes sederhana gaya belajar anak Anda!
Kuis gaya belajar anak
Untuk mengetahui gaya belajar si kecil, pilihlah salah satu jawaban berikut yang paling menggambarkan reaksi anak Anda.
1. Jika hendak menghadapi ulangan, maka anak Anda …
1. Membaca catatan yang telah ia buat, membuka kembali text book serta memperhatikan diagram atau gambar yang berkaitan dengan materi yang diujikan.
2. Meminta Anda untuk memberinya pertanyaan tentang materi yang dipelajari.
3. Membuat ringkasan berupa diagram atau gambar (misalnya mind-mapping)
2. Jika mendengar musik atau lagu yang ia sukai, biasanya ia akan …
1. Menghayati lagu yang ia dengar (seperti memejamkan mata, melamun dsb).
2. Bergumam mengikuti lagu
3. Bergoyang mengikuti irama lagu
Lanjutkan kuis gaya belajar anak di halaman berikut :
Kuis Untuk Mendeteksi Gaya Belajar Anak
3. Jika menghadapi banyak tugas, maka anak Anda akan…
1. Membuat daftar tugas dan menentukan prioritas mana yang ia akan kerjakan terlebih dahulu.
2. Membicarakannya dengan Anda atau temannya apa yang sebaiknya ia lakukan
3. Membuat daftar tugas dan kemudian menuliskan cara-cara ia akan menyelesaikan tugas-tugas tersebut.
4. Apa bacaan favorit anak Anda
1. Komik atau buku cerita dengan banyak gambar.
2. Buku-buku misteri dengan banyak percakapan di dalamnya.
3. Buku apa saja yang menarik hatinya. Terutama jika isi buku itu adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ia cari (misal buku tentang bagaimana memenangkan sebuah game online)
5. Mobil remot kesayangannya rusak. Maka ia akan …
1. Membaca buku petunjuk untuk memperbaiki.
2. Mendatangi teman-temannya (atau Anda) untuk meminta tolong memperbaiki bersama-sama.
3. Membingkarnya dan berusah memperbaiki sendiri.
6. Jika mengajaknya kesebuah tempat permainan baru, maka ia akan …
1. Melihat-lihat sekeliling terlebih dahulu, mengamati petunjuk permainan, dan barulah ia memilih salah satu permainan.
2. Bertanya kepada petugas penjaga dan memintanya memberi saran permainan mana yang paling asik untuk dimainkan pertama kali.
3. Langsung mencoba permainan yang dianggapnya paling menarik
7. Kegiatan ekstra kurikuler apa yang ia sukai?
1. Menggambar, membuat prakarya
2. Musik
3. Olah raga
Selanjutnya di halaman berikut :
8. Apa reaksinya saat ia merasa bahagia?
1. Santai dan hanya tersenyum lebar.
2. Berteriak kegirangan
3. Melompat-lompat senang.
9. Jika Anda bertanya suasana kelas di hari pertama ia masuk sekolah, kira-kira apa yang akan ia jawab
1. Menggambarkan apa saja yang ada dikelas, berapa orang yand ada didalamnya, namun ia tak mampu menyebutkan nama meski seseorang baru yang duduk disebelahnya.
2. Ia dapat menggambarkan suasana dengan baik, namun ceritanya lebih terfokus kepada siapa saja teman barunya dan seperti apakah ia.
3. Hanya bercerita keadaan dan perasaan dirinya saja
10. Jika mendapat tugas untuk bercerita tentang pengalaman liburannya, maka ia akan…
1. Menuliskannya dengan lengkap dan detil
2. Menawar atau berkata “Langsung cerita saja, ya, Bu.”
3. Focus ceritanya lebih kepada apa yang ia lakukan selama liburan.
11. Hal apakah yang paling dapat mengganggu konsentrasi anak Anda?
1. Gambar atau apa saja yang melintas di depannya
2. Aneka suara
3. Perasaan seperti lapar, haus, cemas dsb.
Sekarang hitunglah jawaban mana yang paling menggambarkan perilaku putra-putri Anda. Jika kebanyakan adalah nomor (1) maka gaya belajar anak adalah Visual, jika nomor (2) kemungkinan besar ia adalah seorang audio learner, dan bila nomor (3) maka ia tergolong seorang anak Kinestis-taktikal.
Tes di atas hanyalah tes sederhana untuk mendeteksi gaya belajar anak Anda. Konsultasi terhadap ahli yang kompeten adalah langkah yang lebih tepat untuk mendeteksi lebih lanjut apa gaya belajar anak Anda. Selamat Mencoba

Di sadur dari majalah asianperent

Tidak ada komentar:

PREPEGAN

– Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata Prepegan ? Masyarakat Desa kebumen tentu tidak asing lagi mendengar kata Prepe...