Jumat, 15 Juni 2018

Manuskrip/mushaf Alquran


Manuskrip / mushaf alquran tertua salinan dari zaman kalifah usmani yaitu mushaf samarkand dan mushaf topkapi yang ditulis dikulit binatang itu aksara kufik bahasa suku kufa di irak jadi bukan aksara arab / bahasa arab.
Jikalau memang nabi muhammad adalah asli orang arab dan berbahasa arab, yang mendapatkan wahyu dari jibril dalam bahasa arab, mengapa naskah alquran pertama itu ditulis pakai bahasa kufik yah ??
mushaf tertua dengan aksara kufik di teliti oleh martin lings dan yasin safadi thn 1976 ( bisa cari rujukan sendiri)
Kalo kita telusuri berdasarkan sejarah yah ada 2 versi pasti yang pertama dari pihak islam dengan sirah nabawiyah vs perbandingan peneliti lainya ,
Versi islam sendiri yaitu 120-150 thn setelah wafat nya nabi. Dan sirah nabawiyah baru hadir satu abad setelah wafatnya nabi, ditulis oleh ibnu ishaq (707-773). Penelitian Gerard puin
Manuskrip sanaa berdasarkan tes karbon 14 yang berdasarkan dari kwartal pertama abad ke 8 sekitar thn 715.
Inilah penelaah kisah-kisah dalam Quran, Sunnah Nabi dan Sirah berasal dari abad ke 2 literatur Yahudi:
– Cerita Kain  & Qabil dalam dalam Surah 5.31-32 dipinjam dari Targum Jonathan ben Uzziah dan Mishnah Sanhedrin 4.5
– Cerita Ibrahim, berhala dan penghancuran mereka dalam Surat 21.51-71 adalah dari Misdrash Rabbah ;
– cerita tentang Sulaiman dalam Surat 27.17-44, tentang burung yang dapat berbicara dan Ratu Sheba yang     mengangkat gaunnya karena menyangka lantai mengkilap sebagai air, diambil dari Targum kedua cerita Esther.
– Bahkan cerita Gunung Sinai diangkat dan mengambang diatas kepala rakyat Yahudi sebagai ancaman kalau menolak hukum Yahwe (Surah 7.171) berasal dari The Abodah Sarah,  dan seterusnya.
Dalam Surat 17.1 terdapat laporan tentang perjalanan Muhamad dari Mekkah ke al Aqsa. Dalam tradisi berikutnya, ayat ini menunjuk kepada Muhamad menaiki langit ke-7, setelah sebuah perjalanan malam (mi’raj) dari Mekah ke Yerusalem dengan menunggangi Buraq, kuda bersayap. Ini berasal dari berbagai sumber : Testamen Ibraham (~200), Rahasia Enoch (chap.1.4-10 and 2.1), dan buku Persia tua berjudul Arta-I Viraj Namak.
Quran mengisahkan bahwa Muhamad memutuskan hubungan degnan kaum Yahudi pada tahun 624 dan memindahkan arah Kiblat (Surat 2.144 and 149-150) dari Yerusalem ke Mekah.
Ternyata yg disebut Taurat di dalam Al Quran adalah semua kitab-kitab suci orang Yahudi kecuali Zabur. Tadinya saya kira pengertian Taurat di dalam Al Quran sama seperti pengertian orang Kristen yaitu kitab-kitab yg dianggap ditulis oleh Musa saja. Ternyata tidak. Ternyata semua isi kitab suci Yahudi disebut Taurat oleh Al Quran kecuali Zabur yg disebut tersendiri. Padahal Zabur juga bagian dari kitab suci Yahudi.
Kenapa Zabur dibedakan dan disebut tersendiri? Karena isinya memang beda. Zabur isinya bait-bait lagu. Untuk dinyanyikan. Dan memang digubah oleh Daud walaupun tidak semuanya.
Dan ternyata yg dimaksud Injil oleh Al Quran adalah semua isi kitab suci Kristen. Tadinya saya mengira Injil yg dimaksud Al Quran sama pengertiannya dengan Injil seperti dimengerti oleh orang Kristen yaitu empat kitab yg memuat kisah Yesus saja. Ternyata tidak begitu. Ternyata pengertian Injil yg dimaksudkan oleh Al Quran adalah semua isi kitab suci Kristen. Yg berarti juga termasuk surat-surat yg ditulis oleh Petrus, Paulus dan Yahya. Termasuk kitab Wahyu yg berada di bagian paling akhir dalam kitab suci Kristen.
Kaitan Al Quran sangat erat dengan Taurat, Zabur dan Injil. Dengan isi kitab suci orang Yahudi dan orang Kristen yg sudah lengkap tersusun seperti bentuk dan isinya yg sekarang sejak abad ke-4 Masehi. Taurat Zabur dan Injil sudah jadi dan tidak pernah direvisi ketika Islam muncul pada abad ke-7 Masehi. Kitab suci tidak direvisi atau diperbaiki. Yg direvisi adalah terjemahannya.
Dalam bahasa Indonesia ada terjemahan kitab suci orang Yahudi dan orang Kristen yg disebut kitab TZI atau Taurat Zabur Injil. Terjemahan tahun 1912. Pakai istilah-istilah yg berbeda dibandingkan terjemahan yg lebih baru. Di tahun 1912 disebut Taurat Zabur Injil. Dalam terjemahan yg lebih baru disebut Alkitab. Istilah Isa Al Masih digunakan dalam terjemahan tahun 1912. Dalam terjemahan lebih baru digunakan istilah Yesus Kristus.
Penafsiran Al Quran akan beda jauh sekali kalau anda juga menggunakan Taurat Zabur Injil seperti anjuran Al Quran sendiri.  Walhasil kita tidak akan bisa lagi bilang Al Quran menyempurnakan Taurat Zabur Injil. Tetapi meringkas. Rujukan kepada Taurat Zabur Injil merupakan sebagian besar daripada isi kitab Al Quran. Rujukannya berupa penggalan-penggalan ayat saja. Yg lengkapnya termuat di dalam Taurat Zabur Injil.
Kitab Taurat Zabur Injil tebal sekali. Ditulis oleh puluhan orang dalam rentang waktu sekitar 1700 tahun. Kalau dijejerkan dan dibandingkan tebalnya, mungkin Al Quran cuma 10% atau sepersepuluh dari ketebalan kitab Taurat Zabur Injil.
Saya baru tahu dan percaya bahwa kitab Taurat Zabur Injil memang digunakan oleh komunitas Muslim yg pertama. Sampai dengan masa Sayyidina Ali di Bakka. Ingat, ini Bakka yg sekarang dikenal sebagai Petra di Yordania. Bukan kota Makka yg letaknya jauh lebih ke Selatan dan bukan tempat munculnya Islam. Tapi dianggap begitu sekarang. Islam muncul di Bakka, Yordania. Dan bukan di Makka yg sekarang menjadi wilayah Saudi Arabia.
Beda jauh isi pengajaran Islam kalau anda mengabaikan Hadist yg ditulis sekian ratus tahun belakangan. Beda jauh pemahaman spiritualnya kalau anda cuma menggunakan Al Quran dan kitab-kitab pendahulunya yaitu Taurat Zabur Injil. Dan pemahaman itulah yg rahmatan lil alamin. Yg tertutup rapat gara-gara hoax tentang kitab Taurat Zabur Injil yg disebarkan oleh kelompok kepentingan tertentu.  Seolah Islam menyempurnakan agama Yahudi dan Kristen. Seolah Taurat Zabur Injil dipalsukan. Seolah Islam harus menguasai dunia.
Bukan begitu ajaran Islam yg asli. Islam bukan antagonistis terhadap orang Yahudi dan Kristen. Melainkan rekonsiliatif. Mencari jalan tengah antara Yahudi dan Kristen. Walaupun jelas Islam lebih dekat ke Kristen sejak awal. Bahkan mungkin pernah dianggap sebagai salah satu sekte Kristen. Agama yg mengakui Isa Al Masih cuma Kristen dan Islam. Orang Yahudi tidak mengakui. Intuisi saya bilang Islam yg asli cuma sampai pada masa hidupnya Sayyidina Ali di Bakka. Ketika Islam dan Kristen masih bisa beribadah bersama. Dengan cara yg sama, doa-doa yg sama.

Tidak ada komentar:

PREPEGAN

– Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata Prepegan ? Masyarakat Desa kebumen tentu tidak asing lagi mendengar kata Prepe...