Selasa, 08 Mei 2018

REMPEYEK UNDUR-UNDUR PECEL KWBUMEN


Menu yang satu ini memang sudah tak asing lagi. Terutama bagi warga sekitar Kebumen, Gombong, Banyumas dansekitarnya. Makanan beraroma pedas ini rupanya memang banyak penikmatnya.
Di Kota Kebumen pecel terdapat di beberapa tempat yang biasanya dijadikan ikon tempat wisata pantai-pantai di Kebumen.
Enaknya, menu nasi pecel ini bisa dinikmati kapan saja khususnya hari libur di pantai Bercong, maupun Petanahan Kebumen. Tak hanya nikmat disantap saat sarapan pagi. Untuk sajian makan malam pun mengundang selera.
Nasi pecel dengan pincuk daun pisang ini sepertinya menambah kesan tersendiri bagi penikmatnya. Khas dari nasi pecel ini adalah pilihan lauknya yang lengkap. Struktur peyeknya tipis renyah nan gurih. Seporsinya dibanderol Rp 7 ribu looh...
Eitss .. kalau mau nambah lauknya bayar lagi ya.. Untuk sajian satu porsi pecel ini terdiri atas nasi dengan pilihan sayur kecambah dan daun kenikir. Kemudian, dilumur sambal kacang yang di tasnya ditutupi dengan peyek teri atau peyek kacang. Untuk wadah, penikmatnya bisa pilih pesanan dengan piring atau dipincuk dengan daun pisang. Terserah selera aja.
Atau mau yang alami juga ada dan yang membuat betah itu adalah mbah-mbah cantik. Ya penyaji nasi pecel ini akrab disapa mba TiTin.
Ciri khas dari nasi pecel satu ini adalah rasanya. Perpaduan rempah alaminya membuat cita rasa tradisional masih kental. Seporsi dihargai Rp 7 ribu juga dan bisa nambah lagi sesuai lauk yang dipilih.
Setiap hidangan untuk per wadah terdiri Ketupat dengan porsi cukupan. Pilihan sayurnya kecambah, daun kenikir, daun singkong hingga daun papaya. Peyeknya juga nggak kalah menarik, ya peyek kacang nan gurih. Mba TiTin biasa menyajikan satu porsi menunya dalam bentuk pincuk daun pisang.
Ada juga menu peyek undur-undur looh...
Kalau nasi pecel yang satu ini memang  Ciri khas cita rasanya terletak pada Undur-undur (hewan Laut yang sering di temukan di pantai)  juga sambal pecelnya yang kental dan sangat kuat rasa kacangnya yang gurih.
Tidak hanya itu, dalam satu porsinya terdapat tambahan Rempeyek undur-undur yang disandingkan dengan mendoan. Hmmm…pasti kriukkk dan renyah. Benar-benar ..yummy.
Untuk satu porsinya dibanderol Rp 8 ribu. Tapi, ingat yaaaa itu belum termasuk tambahan lauk dan minumnya. Porsi nasi untuk pecel ini juga cukupan. Biasanya, dengan pilihan sayur kecambah dan daun singkong. Kemudian, disiram sambel kacang. Di atasnya ditambah pesek undur-undur dan mendoan anget, selamat berwisata di pantai-pantai Kebumen jangan lupa nikmati kuliner PECEL REMPEYEK UNDUR-UNDUR KEBUMEN yaaa...

Tidak ada komentar:

PREPEGAN

– Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata Prepegan ? Masyarakat Desa kebumen tentu tidak asing lagi mendengar kata Prepe...