Jumat, 06 Juli 2018

Pengertian iman



, “Apakah arti iman?”
Rupanya telah terjadi pereduksian makna kata iman sekedar menjadi hal-hal apa yang diyakini secara membuta. Sehingga menjadi ber-KESADARAN dianggap bukan iman yg sesungguhnya. Telah terjadi plokotow-bahasa yang sangat fatal terhadap makna kata Iman. Dan inilah yang merusak sendi-sendi kesehatan-jiwa (wholesomeness) bangsa ini pada khususnya , dan dunia pada umumnya.
     penangkapan saya tentang makna dari Iman (saya mencoba menjelaskan perbedaan antara belief dan faith dengan menggunakan kata ‘iman’ untuk keyakinan dan ‘Iman’ (huruf besar) untuk sesuatu apa yg sejalan dengan dikatakan oleh Rebbe). Coba perhatikan pada penyimakan dan penyelidikan terhadap apa yang [akan] terjadi [dan menerimanya untuk dibaca/ dipelajari]....suatu sikap OPEN terhadap realitas sebagaimana apa adanya.  
Dengan kata lain, apapun YANG TERJADI pada diri anda atau kaum anda...tidak mengeluh, bersungut2 apalagi mencari kambing-hitam..hendak mencelakai pihak lain yg tak ada hubungan kausalnya dengan dalih khayalan angan-angan kusutnya sendiri. Melainkan bacalah hikmahnya untuk koreksi diri. Itulah IQRA ! Menyulam seuntai pengertian dengan pengertian dengan pengertian....akhirnya menjadi umat yang penuh pengertian (understanding). Sangat berbeda dengan percaya buta, bukan?
Jelas bahwa Iman Sejati adalah bertolak belakang samasekali dengan sikap mendikte Tuhan Semesta Alam , atau memaksa Tuhan bertindak sebatas penangkapanmu dari yang kau baca dari materi kertas dengan mata daging.
Rahayu!

Tidak ada komentar:

PREPEGAN

– Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata Prepegan ? Masyarakat Desa kebumen tentu tidak asing lagi mendengar kata Prepe...