Selasa, 26 Desember 2017

Ilmu untuk menjadi seorang Blogger

Selamat siang mendem kangennya Bakul getuk kali ini mau berbagi ilmu Blogger setidaknya ada 5 kemampuan dasar yang harus di miliki untuk menjadi seorang blogger, apapun itu entah fashion blogger, travel blogger dsb, tentu harus mempunyai ilmu dasar supaya bisa menggunakan blognya dengan maksimal. Sekarang ini predikat seorang blogger adalah sesuatu yang berharga dan juga membanggakan. Dampaknya banyak yang terjun ke dunia blogger, ada yang memang niat ngeblog ada juga yang asal asalan ngeblog.

Minimnya ilmu yang dimiliki kadang malah membuat blognya menjadi tidak maksimal. Untuk memaksimalkan dalam menggeluti dunia blogger, setidaknya ada ilmu mendasar ngeblog yang harus dipelajari. Simak ulasannya berikut ini
Ilmu Coding
Untuk platform blogger sendiri, bahasa pemograman yang mendasar tidak terlalu sulit. Di internet sendiri banyak blog yang membuat script beserta penjelasannya, nah dengan itu kamu bisa mempelajarinya secara otodidak. Tidak harus seorang dengan latar belakang TI untuk bisa memahami bahasa pemograman ini, jika kamu terbiasa membaca tutorial, misal bagaimana membuat sitemap, maka kamu perlahan akan mengerti bagaimana mengeditnya.

Bila kamu mempunyai ilmu ini kamu bisa mengatasi sendiri error blog dengan cepat, bisa berkreasi dengan blog misal mengubah tampilan, memodifikasi widget, dsb. Berbeda jika kamu tak bisa memahami ilmu coding, akibatnya jika terjadi error kamu bingung mau ngapain, tidak bisa mandiri harus tanya sana sini untuk perkara kecil.

Jadi, coba belajar ilmu coding mulai dari yang sederhana. Seiring waktu kamu pasti akan terbiasa dan mengerti membaca maksud dari code tersebut

Ilmu Desain
Mempunyai blog tentunya pasti akan ada gambar yang kamu gunakan, entah gambar untuk postingan atau gambar logo untuk blogmu. Kamu juga harus punya ilmu ini supaya kamu bisa membuat gambar untuk postinganmu sendiri, atau mengedit gambar yang ada supaya jadi berbeda.

7 Tips Blogging Untuk Pemula menjadi seorang blogger tidak hanya ...
Logo untuk blog bisa kamu buat sendiri sesuai keinginanmu jadi kamu tidak perlu keluar uang lagi cuma untuk pembuatan logo di blogmu.

Ilmu Jurnalistik
Blog tentunya harus berisi konten yang informatif dengan bahasa yang menarik, terlepas dari gaya bahasanya karena tiap orang punya gaya menulis yang berbeda. Menjadi seorang blogger sama halnya seperti seorang jurnalistik, mampu mencari ide atau bahan untuk diulas.

Tidak hanya itu, mungkin ketika kehabisan ide, bisa dengan membuat konten dengan cara menggabungkan beberapa konten yang sudah ada. Jadi kamu membaca dari 3 atau lebih sumber kemudian menggabungkannya, yaaa ini cara alternatif kalau kamu benar benar tak ada ide lagi

Ilmu Manajemen Bisnis
Bisnis ? iya ... ini terkait dengan kelangsungan hidup blogmu, terutama yang menggunakan domain TLD, ada biaya tahunan yang harus dibayar. Pasti lebih menyenangkan bila biaya tagihan itu dibayar dari haril ngeblog itu sendiri. Kamu bisa memonetize blog mu yang memiliki trafik tinggi dengan cara memasang iklan sposor atau dengan mengikuti program iklan google adsense.

Jika kamu memiliki ilmu manajemen bisnis maka blog mu bisa menghasilkan uang.

Ilmu Komunikasi dan Sosial
Kamu juga harus pintar dalam berkomunikasi, dan membangun relasi. Mungkin di saat kamu sukses sebagai seorang blogger kamu akan mendapat banyak tanggapan, pertanyaan dan permintaan pertemanan, disitulah kemampuan berkomunikasi dan sosial mu diterapkan. Menjadi blogger sukses yang punya banyak teman tentu akan menyenangkan bukan ?

Bila kamu tidak pintar berkomunikasi dan bersosial, malah kamu akan terabaikan di dunia blogger. Jadi bangun relasi seluas mungkin karena dengan begitu kamu akan banyak mendapatkan kemudahan di kemudian hari.

Setidaknya itulah 5 ilmu mendasar yang harus dimiliki oleh seorang blogger. Jangan berhenti untuk terus belajar dan berkarya. Semoga informasi ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

PREPEGAN

– Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata Prepegan ? Masyarakat Desa kebumen tentu tidak asing lagi mendengar kata Prepe...