Minggu, 02 September 2018

Politisasi Agama

POLITISASI DOGMA-DOGMA DARI TIMUR TENGAH DAN BARAT

Ini tulisan terpanjang dan tergalau saya setelah bertemu Rama Jati juga pemangku adat agama-agama lokal nusantara lainnya.  Monggo dihayat dan disimak secara seksama biar pada mengerti. Untuk mengetahui bagaimana politik agama di Indonesia.

Belum lama ini Din Samsudin dewan pengarah Majelis Ulama Indonesia menyatakan Sunda Wiwitan tidak bisa disebut agama, dengan alasan Sunda Wiwitan tidak ilmiah. Apa yang dimaksud ilmiah dalam pernyataan Din Samsudin? ini jelas kesalahan fatal orang yang tidak cukup kuat memahami academic theory of religion.

Dalam penelusuran saya studi agama di Indonesia dan yang kemudian dipakai oleh negara sebagai rujukan teori agama bukan hasil studi filsafat agama yang kuat. Pun demikian, kebenaran agama di Indonesia bukan kebenaran falsafati atas makhluk yang disebut sebagai agama.

Konstruksi agama di Indonesia tidak lebih sebagai konstruksi politik. Inilah yang saya sering sebut dengan "religionisasi", yakni politik agama dan kebenaran atas agama bukan kebenaran oleh filsafat agama, melainkan kebenaran oleh keinginan politik kelompok dominan, atau yang menurut Daniel Dakhidai disebut sebagai religious discourse atau juga Islamic politicy.

Bangunan konsep agama di Indonesia dimulai dari mendefinisikan apa yang dimaksud dengan agama? Dan pendefinisian atas agama yang pada dasarnya abstrak itu menggunakan pola yang oleh Wilfred Centwell Smith disebut sebagai "Reifikasi" yakni membendakan sesuatu yang bersifat abstrak.

Definisi bermula dari tawaran pemikiran Prof. DR. Mukti Ali yang notabenenya murid Prof. Smith di atas pada tahun 1952, sepulangnya nyantri di Amerika. Menggunakan kategorisasi yang dipakai oleh model studi Emile Durkheim juga Leonard Swedler, Prof. Mukti Ali mengkategori sebuah keyakinan yang disebut agama.

Sayangnya ketegori agama yang dibuat Mukti Ali keluar dari konsep Durkheim maupun Swedler. Jika Swedler mengkategori agama dengan unsur: credo, code, cult dan community, atau Durkheim mengkategori menjadi keyakinan (believe), ritual dan komunitas, sementara Mukti Ali mengkategori dengan "adanya konsep tuhan, wahyu/kitab suci, punya nabi dan punya umat di banyak negara.
Dengan kategori ini, kelompok keyakinan yang tidak dianggap memiliki konsep seperti yang diusulkan Mukti Ali dianggap bukan agama, dengan konsekuensi hak-hak keagamaannya hilang dengan otomatis. Inilah yang saya sebut proyek religionisasi.

Kalau ditelusuri lebih mendalam konstruksi yang dibuat oleh Mukti Ali sebenarnya bias dari model keagamaan Abrahamik Religion (agama-agama Ibrahim/Yahudi, Kristen dan Islam), sehingga di luar rujukan itu tidak dianggap sebagai agama.

Pada tahun 1961 pemerintah secara resmi mengadopsi teori agama ala Mukti Ali dan menjadi patokan menyebut satu keyakinan sebagai agama atau tidak. Rumusan itu awalnya ditolak oleh umat Hindu Bali, Budha dan Konghucu. Sedang agama lokal yang saat itu dikomandoi oleh Mr. Wongsonegoro tetap dicurigai sebagai aliran sesat dan sempalan dari agama induk.

Namun karena kuatnya arus mainstream, terutama Islam yang didukung oleh Kristen, Umat Hindu Bali dan Budha mengalah dan menerima konsep Mukti Ali tentang kategori agama, dan seakan dewa-dewa Hindu sebagai Tuhan, Kitab Tripitaka sebagai kitab suci, sedang Budha Sidharta Gautama seakan Tuhan dan Weda sebagai kitab sucinya. dan seterusnya. Insiden ini terjadi pada 1963.

Di pihak lain karena jumlah penghayat kepercayaan yang diurus oleh Mr. Wongsonegoro terus menggeliat, maka umat Islam terutama semakin blingsatan, sementara musuh bebuyutannya yakni Kristen juga berkepentingan untuk penyebaran misinya. Dialog antar agama pada 1962 deadlock dan hanya semakin menguatkan saling kecurigaan dan merasa saling terancam "feeling threathened" kata Mujiburrahman.

Menguatkan organsasi penghayat, dan insiden pemberontakan serta ketakutan yang besar atas Partai Komunisme yang juga menguat, maka Presiden Soekarno mengeluarkan Kepres tentang Perpu (pengganti undang-udang) yang kita kenal UU No.1 tenang PNPS tahun 1965. Yang di dalamnya secara resmi menyebutkan 6 agama yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu, serta mengakui agama memberi pengakuan tanpa pemberian fasilitas terhadap Yahudi, Sinto dan Zoroaster. Sementara kepercayaan lokal terus dicurigai dan didiskriminasi justru melalui peraturan pengganti undang-undang.

Tidak lama Soekarno terkudeta oleh Soeharto menurut versi Jhon Rossa dalam bukunya "Dalih Pembunuhan Massal". Di lain pihak Islam dan Kristen saling rebutan proyek penyebaran agama. Maka pada 1967 Kementerian agama menyelenggarakan dialog antar umat beragama, utamanya antara Islam dan Kristen yang kurang lebih mirip anjing dan kucing.

Dalam pidato pembukaan, Presiden Soeharto menyatakan "hendaklah jangan menyebarkan agama kepada orang yang sudah beragama, tetapi kepada mereka yang belum beragama". Nah, berspekulasilah Islam dan Kristen, tentang siapa yang dianggap belum beragama dan ladang penyebaran agama (ladang dakwah dan ladang misionaris).

Maka mata kedua agama besar ini tertuju kepada penganut kepercayaan, karena lagi-lagi merujuk pada definisi kategorial agama yang dibuat oleh Prof. Mukti Ali dan dipakai secara resmi oleh Kementerian Agama, Jaksa Agung dan hampir semua lembaga negara yang mengurusi agama.

Dari sini bisa saya tegaskan bahwa kebenaran agama di Indonesia bukan kebenaran falsafati, melainkan kebenaran maunya "mayoritas". Dengan demikian karena Din Samsudin produk lama atau produk expired dalam studi agama, maka dia mengatakan Sunda Wiwitan tidak ilmiah.

Agama kok ilmiah..? Ilmiah dari Hongkong kaleee cah..

Kita lanjutkan pada konstruksi menjadi agama. Hal penting dalam politik menjadikan satu keyakinan (believe) sebagai agama berawal dari mendefinisikan "apa itu agama?" Agama oleh Prof. Mukti Ali yang kemudian diadopsi oleh negara menjadi definisi resmi agama oleh Kementerian Agama dan oleh sebagian besar dan mungkin 90 % masyarakat Indonesia memakai definisi itu.

Definisi agama berangkat dari kategori, harus punya konsep ketuhanan, dan ketuhanan itu harus mono --- monotheistik, di luar konsep monotheistik tidak diakui. Nah lagi, karena tiga agama ibrahimi (Yahudi, Kristen dan Islam) mengaku sebagai penganut monotheistik tulen, maka tuhannya pun kemudian dipersonifikasi menjadi Tuhan Yang Esa.

Orang-orang NU dan Muhammadiyah serta Tarbiyah Islamiyah kemudian mengotak-atik Sila Pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa" menjadi konsep tauhid dan menempelkan pada sila pertama itu surat al-Ikhlas "qulhu wallahu ahad" (katakanlah hai Muhammad Allah itu satu). Agak maksa sih hahahaha..

"Pemerkosaan" Sila Pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa" dalam perspektif agama Ibrahimi ini oleh Jeremy Manchic disebut sebagai "Godly nationalism" (nasionalisme berketuhanan), yakni masyarakat nasional yang harus mempercayai tuhan dan tuhannya pun harus sama dengan pemahaman agama-agama resmi negara. Tuhan selain made in 3 agama besar di Indonesia tidak diakui, bahkan menjadi obyek tuhan kutukan.

Oleh karena keyakinan/kepercayaan lokal masih cenderung menganut sistem tuhan yang polytheis, maka serta-merta tidak bisa diakui sebagai agama oleh kelompok dominan yang kemudian menjadi sikap resmi negara soal makhluk yang disebut tuhan. Jadi Tuhan pun di Indonesia sebenarnya adalah tuhan yang "dimakhlukkan" atau yang dikonstruksi oleh kelompok agama dominan, melalui proses pembendaan dan personifikasi yang merupakan varian lain dari "reifikasi". Dan konstruksi tuhannya-pun harus mirip tuhan Timur Tengah. Dalam bahasa Ibnu Arabi disebut illah al-mu'taqad atau al illah allazi fi al 'itiqad, atau al illah al makhluk fi al mu'taqad (Tuhan yang dikonstruksi, Tuhan yang diciptakan dalam konstruksi).

Pada dasarnya bagi masyarakat Nusantara yang punya segala-galanya, alias beda dengan Timur Tengah yang saat itu hanya punya pasir dan bukit-bukit. Orang Nusantara dalam kosmologinya, baik orang Jawa, Melayu, Sunda, Dayak dan Papua sekitarnya selalu memahami pandangan akan dunia yang duel, alam atas dan alam bawah. Konstruksi tentang tuhannya pun cenderung majemuk.

Bagi orang Timur Tengah tidak kenal kosmologi alam model Nusantara, Karena masyarakat yang diaspora dan nomaden, orang Timur Tengah butuh satu simbol pemimpin, yang akhirnya melahirkan konsep Tuhan Yang Satu, sebab kalau tuhan banyak, Para Tuhan akan berantem.

Bagi orang Nusantara memandang alam bawah dan alam atas dengan pandangan yang harmonis. Di hutan ada kekuatan adi kodrati, sehingga mereka memaknai hutan isinya bukan sekedar tempat tinggal dan mencari makan, tetapi menjadi tempat tambatan spiritualitas, pun demikian dengan gunung dan sungai-sungai.

Timur Tengah selain Sungai Eufrat dan Tigris nyaris tidak ada sungai, menyeberang ke Mesir baru ada Sungai Nyl, maka sebenarnya pandangan orang Persia yang punya sungai agak mirip dengan sistem dewa dan ketuhanan orang Nusantara. Masalahnya Nabi Muhammad enggak pernah lihat sungai dan hutan seperti di Indonesia dan di Eufrat dan Tigris, maka konsep monotheisnya menjadi terpersonifikasi. Tuhan dimaknai sebagai Maha Pencemburu "jangan kau duakan aku" (atau jangan kau serikatkan aku). Tuhan dalam Islam itu paling males dipoligami, hukumannya merupakan dosa tak terampunkan dalam Islam jika menduakan tuhan dengan sebutan syirik sifatnya, musyrik orangnya.

Lalu bagaimana konsep tuhan ala Timur Tengah di embededkan ke bumi Nusantara atau ke negara-negara jajahan? jelas melalui bantuan ilmuwan antropologi dan sosiologi agama. Dari sini anda harus kembali mengingat studi EB. Taylor, James Frezer (evolusi agama) dan menyebut agama-agama orang Nusantara dan daerah jajahan lainnya sebagai agama primitive, animisme dan dinamisme, demikian dikuatkan dengan sosiologi agama sejak dari Emile Durkheim, Mircea Elliade, bahwa jiwa sosial adalah jiwa agama.

Nah, cara menjajahkan agama Barat ini mereka menggunakann proyek civilization atau proyek memperadabkan orang-orang primitif, karena merasa agamanya sudah lebih mapan dengan pernak-pernik dogma serta sudah berselingkuh dengan kuasa yang sentral dan sakral. Isu yang dimainkan, kalau ingin menjadi orang beradab jadilah atau ikutlah bersama kami atau masuklah bersama agama kami.

Ini terjadi sebelum tahun 1962, Kristen utamanya Katolik Roma mendalil "extra eclesiam nulla salus" (di luar gereja tidak ada keselamatan). Teori ini direplikasi oleh Islam menjadi "Inna al dina 'indallahi Islam... waman yabtaghi ghaira al Islamadina fala yuqbala minhu, fahua fil akhirati minal khasirin" (sesungguhnya ad diin di sisi Allah adalah Islam, siapa yang memilih ad diin selain Islam, maka tidak diterima ad diinnya itu dan mereka di akherat termasuk orang yang merugi).

Melalui proyek inilah Islamisasi dan Kristenisasi sebagai sesama dogma pasar menjadi masif. Orang-orang Nusantara ditakut-takuti tidak akan selamat jika tetap memeluk agamanya yang oleh Kristen dan Islam dianggap primitif.

Untuk Kristen, terutama Katolik pada tahun 1962 ke sini mengalami pertobatan, tidak lagi menganggap agama lokal sebagai primitif, bahkan Katolik saat ini sangat akomodatif terhadap budaya lokal, Tentu ini salah satunya berkat jasa para orang terpanggil seperti Rudolf Otto, Karl Rahner, Raimundo Panikar, Hans Kung dan lainnya. Sementara Islam masih melanjutkan proyek Islamisasi dengan pola abad kegelapan itu. Namun demikian sebagian Kristen kharismatik, Mormonism dan sebagian aliran Amerika masih melakukan misionarisnya, inilah kenapa antara Islam dan Kristen di Indonesia mirip kayak anjing dan kucing rebutan tulang..........

Oleh:Bekti  Hartawan

Monggo diunjuk.

Selasa, 21 Agustus 2018

TEMPRAMEN DI JALAN

  
Aksi kebut-kebutan yang biasanya dilakukan oleh para ABG di jalan raya tentunya sangat meresahkan masyarakat. Karena aksi tersebut bisa-bisa membahayakan nyawa si pengendaranya sendiri maupun sesama pengguna jalan lain. Apalagi bila kebut-kebutan tersebut dilakukan di jalan-jalan kampung, tentunya resikonya akan lebih besar lagi karena banyaknya anak-anak kecil yang sering main
Makanya untuk menangkal aksi kebut-kebutan tersebut, biasanya di jalan-jalan kecil di kampung sering dijumpai gundukan kecil-kecil dengan jarak tertentu per gundukan. Atau dengan menggunakan peringatan berupa tulisan "Awas Ngebut Benjut!"  yang artinya kira-kira, awas kalo ngebut bisa babak belur. Bisa babak belur karena dihajar oleh aspal atau dihajar oleh para warga.
Sebaiknya kalo sedang melewati jalanan ramai jangan sampai ngebut deh, karena bukan cepat sampai tujuan yang didapat melainkan malah kena apes.
Seperti yang kemari Bakul getuk alami di perempat an Jeliig itu, sampai sampai bonyok babakbelur begini

dan sampe menyebabkan beberapa luka yang harus di jahit begini karena kecrobohan anak sekolah yang ngebut di jalan kampung perasaan saya sudah pelan dan hati-hati tapi apes ditabrak dari samping sama anak sekolah itu
Entah apa yang membuat anak itu tetap tancap gas memacu motornya kenceng-kenceng. Ketika mau melewati  prempatan Jeliig, apa karena tidak ada Rambu atau tulisan 'Awas Ngebut Benjut!', 
Sehingga laju motornya semakin tambah ngacir aja, apesnya saya ini

sampai ketabrak. Padahal sudah berhati-hati loohh...
   Ternyata berhati-hatipun belum cukup.
Karena keselamatan dalam berlalu lintas sangat tergantung pada pengemudi kendaraan itu sendiri, dan konsekuensi sikap atau tingkah laku pengemudi adalah faktor terbesar yang memegang hampir 90% peranan pada setiap kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, mengoptimalkan upaya pengemudi untuk menjadi yang terbaik dalam bersikap di jalanan adalah merupakan hal yang sangat penting.Baiknya para orang tua agar selalu memberi arahan nasehat kepada anaknya tata cara NUNGGANG MOTOR,  mengemudi yang benar. Kalau kalian para orangtua yang belum tau, nniih... bakul getuk kasih tahu tipnya
Berikut ini adalah tip-tip panduan upaya pengemudi untuk menjadi yang terbaik:
1. Memikirkan Orang Lain ( Consideration for Others)
Anda harus dapat merasakan apa yang akan dirasakan oleh pengemudi lain akibat dari tindakan Anda yang kurang etis di dalam berlalu lintas.
2. Kontrol Temperamen Diri (Control of Temper )
Jangan terlalu agresif terhadap tindakan yang keliru dan salah dari pengemudi lain. Tindakan Anda mungkin mengacaukan konsentrasi mereka dan mendorongnya untuk berbuat lebih bodoh atau tidak reasonable, yang akhirnya juga beresiko terhadap diri Anda dan nyawa mereka. “Jangan ambil kesempatan, dan jangan mendorong orang lain untuk berbuat tidak layak.”
3. Bersikap Sabar ( Be Patience )
Sebagai pengemudi, Anda harus biasakan menahan diri terutama dalam menghadapi situasi “kemacetan lalu lintas” dan antrian panjang (traffic jams of road conghestion). Di mana Anda terdorong untuk keluar dari jalur antrian dan menambah sulit dan macetnya lalu lintas, walau ada contoh yang tidak baik dari pengemudi lain.
4. Penuh Konsentrasi (Good Concentration )
Berkonsentrasi dengan apa yang Anda hadapi adalah hal yang sangat “pokok dan penting” dalam mengemudi. Pengemudi yang handal akan tetap tenang dan waspada terhadap perubahan situasi dan kondisi jalan raya atau menghadapi sikap “brutal” dari pengemudi lain.
5. Hindarkan Gangguan/Interupsi ( Beware of Distraction )
Anda jangan mau dipengaruhi penumpang. Pengemudi adalah bertanggungjawab penuh atas kendaraan, penumpang dan muatan yang diangkut.
6. Hati-hati dengan Obat dan Alkohol (Beware of Alcohol and Drugs )
Dengan menerapkan keenam hal di atas, ditambah dengan pengalaman mengemudi kendaraan Anda selama ini, mudah-mudahan Anda dan kita semua dapat menurunkan angka kecelakaan, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum lainnya

Jumat, 17 Agustus 2018

MERANTAU MEMBUATMU Mengerti

Merantau untuk bekerja atau melanjutkan pendidikan bukanlah perkara sederhana. Banyak hal yang harus dipikirkan matang-matang sebelum akhirnya mantap memilih merantau yang bisa jadi mengubah arah hidupmu.
Adakah yang perlu dirisaukan ketika kamu meninggalkan zona nyaman demi menjemput kesuksesan?
Berbahagialah kalian yang pernah atau sedang berjuang di Perantauan.
Rumah dan kampung halaman adalah tempatmu tumbuh dan dibesarkan. Setiap sudut rumah dan kota tempatmu tinggal menyimpan kenangan yang tak mudah dilupakan.


Bersama komunitas ARC KORWIL BRUNEI rasanya keluarga, dan segala romansa bersama kota tercinta terasa banget. Selain itu, bergabung di komunitas ARC seperti di dampingi kedua orang tua dan sodara sendiri,  akan membuatmu tak pernah merasa kekurangan.
Setidaknya  kamu tak pernah merasa sendiri.
Pergi merantau bukanlah pilihan yang luar biasa. Toh di luar sana ada banyak orang yang melakukan hal yang sama. Seorang temanmu yang mungkin sengaja merantau ke Jogja demi bisa kuliah di kampus impiannya. Sementara, teman sebangkumu di SMA akhirnya memilih bekerja di Brunei lantaran berharap gaji yang tinggi dan kehidupan yang lebih baik.
Daripada daerah asal, tanah perantauan bisa jadi lebih banyak menawarkan kesempatan. Di Pulau Jawa misalnya, ada deretan nama-nama kampus ternama yang jadi tujuanmu menuntut ilmu. Di Malaysia, Singapura atau Brunei darussalam misalnya, ada perusahaan-perusahaan besar yang menawarkan berbagai lowongan pekerjaan yang bisa kamu jajal. Selain itu, kota atau negara tujuan bisa jadi punya lebih banyak fasilitas yang menawarkan kemudahan bagi hidupmu.
Memang belum tentu tanah rantau itu akan nyaman bagimu. Bukan tak mungkin setiap minggu kamu begitu rindu untuk pulang ke rumah, hangat dalam dekap Ibu. Bersama ARC kita bisa merasakan kehangatan suasan kampung halamanmu Broow..... Bukankah setiap akhir yang manis selalu dimulai dengan perjuangan
Hidup sendiri memaksamu menyerap ilmu dari segala penjuru. Pelajaran bisa didapat dari teman-temanmu sesama perantu maupun buku teks hingga tumpukan cucian dan sisa uang di dompetmu.
Terbiasa kumpul bareng komunitas  ARC seperti kumpul bersama keluarga dan teman-teman terdekat memang menyenangkan.
Ketika merantau, keadaan memang mengharuskanmu untuk hidup sendiri. Jauh dari keluarga dan teman-teman dekat justru menjadikanmu terlatih hidup mandiri. Perkara kebersihan kamar kos bisa kamu tangani. Kebutuhan makan 3 kali sehari juga bisa kamu cukupi. Selain itu, kesendirian kian melatihmu semakin mawas diri. Setiap keputusan dan sikap yang kamu ambil akan baik-baik dipikirkan akibat dan konsekuensinya.
Akrab dengan gaji yang terbatas atau uang kiriman yang serba pas, kamu pun paham: hidup hemat adalah sebuah bentuk perjuangan
Ketika masih tinggal dengan orang tua, mungkin kamu tak perlu pusing memikirkan kebutuhanmu, soal makan misalnya. Bagaimana pun, orang tua tak akan keberatan menyediakan makan untuk anak-anaknya setiap hari. Saat rasa lapar menghampiri, kamu pun tak perlu repot mengkalkulasi isi dompet dan menimbang-nimbang perkara mau makan apa atau di mana.
Sementara, kamu mungkin akan merasa tempat perantauan terlalu kejam. Apalagi, saat harus mengakrabi gaji yang terbilang kecil atau uang kiriman orang tua yang pas-pasan. Betapa kamu harus berjuang menahan nafsu jajan atau keinginan untuk berbelanja. Segala kebutuhanmu pun harus serba diminimalkan demi bisa bertahan hingga akhir bulan.
Tapi, pengalaman ini setidaknya mengajarkanmu bahwa hidup hemat adalah sebuah keharusan. Paham rasanya hidup pas-pasan kamu pun tak lagi impulsif saat sedang punya banyak uang. Kamu mengerti betapa pentingnya menabung dan membagi penghasilan jadi beberapa bagian. Setelahnya, kamu pun semakin bijaksana mengatur keuanganmu sendiri.
Merantau membuatmu mengerti bahwa kebebasan yang kamu punya selalu datang sepaket dengan konsekuensinya
Apa sih arti kebebasan menurutmu? Saat masih remaja, kamu mungkin merasa kebebasanmu direnggut ketika tak diijinkan keluar rumah saat malam minggu. Kamu kesal ketika tak diperbolehkan pergi camping dengan teman-teman sekelasmu. Kamu pun merasa tak terima ketika dilarang punya pacar oleh orang tua, sedangkan teman-teman sebayamu hampir semuanya sudah punya pasangan.
Ketika akhirnya hidup sendiri di perantauan, makna kebebasan tak lagi terdengar sederhana. Meski tak ada orang tua yang selalu mengawasi kegiatanmu sehari-hari, kamu justru tak mau bertindak seenaknya. Di usia dewasa, kamu mengerti bahwa segala yang kamu lakukan harus bisa dipertanggungjawabkan. Meski tinggal sendiri dan bebas melakukan apa saja, kamu akan baik-baik memilah-milih mana yang pantas dan tidak pantas dilakukan.
Dalam hidup, kita seringkali dihadapkan dengan berbagai pilihan. Tak jarang kita merasa bingung saat akan mengambil keputusan. Di saat inilah pendampingan orang tua dan teman-teman ARC selalu bisa diandalkan. Teman-teman di Komunitas ARC bisa jadi tempatmu berbagi cerita, juga keluarga yang akan selalu siap menopangmu dalam segala kondisi.


Lepas dari segala kenyamanan dan dukungan sosial yang sebelumnya kamu punya, kamu pun akan terlatih untuk menggunakan instingmu. Ketika dihadapkan pada suatu pilihan, kamu akan lebih sering merenung dan bertanya pada diri sendiri – “apakah pilihanku sudah tepat? apakah segala sebab dan akibatnya sudah aku pikirkan masak-masak?” Selain itu, mengasah kepekaan atau insting membuatmu kian percaya diri menjalani setiap tantangan dalam hidup.
Meski jauh dari kampung halaman, komunitas ARC KORWIL BRUNEI bisa jadi tempatmu menemukan teman dan keluarga baru
Manusia memang tak bisa lepas dari kehidupan sosial. Meski lama meninggalkan keluarga dan teman-teman di kampung halaman, bukan berarti kamu harus hidup sendiri dan kesepian. Di ARC KORWIL BRUNEI menawarkan kesempatan untukmu menemukan teman-teman dan keluarga baru. Meski berasal dari daerah yang berbeda-beda, ARC kita bisa adalah tempat yang menyatukan kalian di tanah Rantau.


Pulang adalah saat yang paling dinantikan karena segala rindu yang lama tertahan bisa segera dituntaskan
Setelah pergi merantau dan jauh dari keluarga, kamu pun merasakan berbagai perasaan yang tak kamu sadari sebelumnya. Betapa tinggal sendiri membuatmu selalu merindukan suara ayah dan ibumu atau suami /istri maupun anak. Meski kadang dibuat kesal, dengan kelakuan nakal nya nyatanya selalu bisa menceriakan hari-harimu.
Ya, pulang adalah momen yang akan selalu kamu rindukan.
Bisa pulang ke rumah dan kumpul bersama keluarga adalah sebuah kemewahan. Merantau membuatmu mengerti bahwa keluarga lah harta yang paling berharga – mereka yang bisa menerimamu dengan segala kekurangan dan kelebihan yang kamu punya.
Merantau memberimu kesempatan menjelajah tempat-tempat baru, setelahnya kamu pun akan menemukan sebenar-benarnya dirimu
Terkungkung dengan pendapat orang-orang terdekat dan berbagai norma sosial bisa jadi menghambat dirimu untuk berkembang.
Merantau akan membuka matamu pada berbagai hal-hal baru. Menuntunmu menuju sesuatu yang benar-benar kamu inginkan selama ini. Menemukan apa yang sebenarnya jadi panggilan hidupmu. Pekerjaan atau profesi seperti apa yang kamu inginkan, bidang apa yang ingin kamu tekuni, atau hidup seperti apa yang ingin kamu jalani? Pertanyaan-pertanyaan ini akan terbayar lunas, terjawab tuntas ketika kamu berani melangkahkan kaki jauh dari rumahmu.
Apa kabar kalian yang sedang berjuang di perantauan?
Apakah saat ini kesuksesan sudah berhasil digenggam, ataukah kalian masih harus jatuh bangun melanjutkan perjuangan?
Apapun itu, semoga kamu tetap semangat menjalani hidupmu di perantauan, ya!
Bersama ARC kita bisa

Selasa, 14 Agustus 2018

KOPDAR SILATURAHMI RUTIN

             

     Silaturahmi rutin atau pertemuan rutin yang biasa disebut kopi darat atau kopdar,bertujuan untuk menjaga kebersamaan dan menambah jalinan persaudaraan serta menjalankan agenda ataupun program yang berjalan di ARC(anak rantau cilacap). Yang pelaksanaanya 1 kali dalam sebulan. Walaupun tidak mewajibkan untuk kehadiranya diharapkan semua member untuk kesedihannya menghadirinya dengan tetap mengutamakan
AGAMA,KELUARGA DAN PEKERJAAN.    Kopdar selain bertujuan untuk menjalankan agenda dan program juga berfungsi untuk melatih diri ataupun meningkatkan keberanian dalam mengeluarkan pendapat atau gagasan yang bermanfaat untuk kemajuan diri ataupun kemajuan organisasi ARC. Kopdar tersebut merupakan kegiatan terencana yang bersifat positif dan didukung peraturan yang disepakati dan dijalankan bersama untuk tetap menjaga diri ataupun lingkungan dari kegiatan atau hal-hal negatif dan dilarang.
Kegiatan kopdar yang memanfaatkan hari libur dan tidak mewajibkan, juga berpotensi menarik minat kemudian menghadirkan orang orang baru yang akan ikut berpartisipasi dalam menjalankan visi dan misi sehingga mengasilkan lingkaran persaudaraan ARC anak rantau cilacap yang meluas dan berkembang.
   Selain tujuan tersebut di atas,kegiatan kopdar juga sebagai sarana informasi,bertukar fikiran dan berbagi pengalaman yang berguna untuk menjadikan diri kita lebih baik dalam hidup bermasyarakat di Perantauan. Sehingga dengan adanya kopdar, perkembangan organisasi anak rantau cilacap ARC akan lebih terjaga dan berkelanjutan.Dalam mengahadiri kopdar walau tidak diwajibkan untuk menggunakan atribut ARC tapi diharapkan untuk mengenakanya supaya terlihat kompak dan mengisi daftar hadir
    KOPDAR biasanya di isi dengan bermusyawarah untuk menyelesaikan atau membahas permasalahan yang berhubungan dengan ARC anak rantau cilacap untuk kemajuan kedepanya.Selain kegiatan rembugan atau musyawarah juga membahas tentang permaslahan yang terjadi pada anggota untuk mencari solusi dan jalan keluar dengan berfikir bersama- sama agar menciptakan solusi yang terbaik dan sebagai pembelajaran kita untuk saling membantu dan mengenal secara dekat dan lebih akrab.
Untuk menghindari dari kegiatan negatife dalam menentukan solusi atau kesimpulan dari setiap rembugan atau musyawarah, agar menghasilkan keputusan yang diharapkan.
   Seperti bakti sosial merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antar sesama manusia. Bakti sosial merupakan suatu kegiatan di mana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan kita sedulur an selawase sosial sesama warga perantau mewujudkan rasa cinta kasih,rasa saling menolong,rasa saling peduli kepada anggota ataupun seluruh masyarakat khususnya warga perantau yang sedang membutuhkan uluran tangan kita.
Kopdar juga untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan sarana aktualisasi diri untuk membantu sesama. Jika kita punya waktu dan bahan sebagai objek yang bisa kita berikan maka sebaiknya kita berikan,hal itu untuk membantu mereka yang membutuhkan.Disamping itu semua,kita bisa menggali rasa kepedulian kita. Seperti yang baru saja di lakukan sama ketua ARC BRUNEI Zahra Sitta : membantu rekannya yang bermasalah dan alhamdulillah sudah keliir
Sebagai bentuk solidaritas dan rasa peduli terhadap sesama Perantauan dan semua insan yang berada di lingkaran silaturahmi ARC,hubungan persahabatan akan semakin dekat dan semakin kuat dengan keikhlasan dan kesadaran bahwa ketika merantau jauh dari keluarga,orang yang paling dekat adalah sahabat dan dengan agenda ini diharapkan seluruh insan yang aktif dapat meningkatkan dan menguatkan ikatan persaudaraan SEKARANG,ESOK dan MASA DEPAN.
SEKIAN & SALKOMSEL ARC SEDULUR AN SELAWASE

Sabtu, 11 Agustus 2018

PONZI SEKEMA PIRAMIDA BISNIS BODONG

Skema PONZI: Akar Utama Penipuan Bisnis/Investasi


Penipuan money game modus ponzi (terkadang dicampur dengan istilah: skema piramida –
pyramid scheme ) boleh dikata merupakan model penipuan yang langgeng sepanjang masa, dan semakin marak sampai saat ini. Penipuan ini muncul dalam berbagai modus, baik tradisional maupun canggih dan setiap hari meneraik korban dari rakyat jelata sampai para selebriti, politisi dan kalangan terdidik sekalipun. Kunci sukses penipuan ponzi ini terletak pada diri para korbannya sendiri yaitu keserakahan untuk memperoleh materi dengan mudah dan cepat.
Nama “ponzi” diambil dari penggagas tipuan ini yaitu Carlo Pietro Giovanni Guglielmo Tebaldo Ponzi asal Italia yang hidup tahun 1882 –1949. Ia kemudian pindah ke Amerika dan dikenal sebagai Charles Ponzi. Dimasa itu, Ponzi menjanjikan keuntungan bagi para investornya sebesar 50% dalam 45 hari dan 100% dalam 90 hari. Masyarakat pun berbondong-bondong menyetor uangnya. Ponzi membayar nasabahnya dari uang para investor yang bergabung belakangan. Demikian seterusnya berlangsung selama setahun sampai skema penipuan ini tumbang. Skema ponzi pertama ini berhasil merugikan investornya sebesar Rp200 milyar. Suatu angka yang sangat besar di tahun 1920 itu.
Keruntuhan skema penipuan ponzi adalah hal yang pasti karena uang yang terkumpul hanya berputar di tempat, tidak diinvestasikan untuk menghasilkan laba. Ketika para member semakin susah merekrut investor baru, sementara tagihan makin membengkak, para pelaku ponzi biasanya sudah kabur dengan membawa aset besar yang telah dikumpulkan. Pemenangnya selalu perusahaan/pihak yang membuat bisnis ponzi, dan yang kalah selalu pihak masyarakat apalagi yang bergabung belakangan.
Ponzi Modern Kini
Penipuan Ponzi tidak berhenti di tahun 1920. Sebaliknya tipuan ini makin merebak dan berevolusi dalam berbagai modus sesuai perkembangan bisnis dan teknologi. Modusnya tetap sama yaitu menjanjikan keuntungan yang tinggi, dengan mudah, dalam waktu singkat.
Ponzi pun bisa muncul dalam berbagai bentuk, termasuk yang paling sederhana sampai yang modern, antara lain:
1. Bisnis kantong bolong tradisional . Skema ponzi ini dijalankan dengan mengajak orang lain berkongsi atau menjadi investor untuk suatu jenis usaha yang sebetulnya tidak pernah ada. Biasanya pelaku membuat surat-surat perizinan yang palsu, atau pura-pura membangun koperasi/badan usaha, atau menyewa kantor supaya terlihat bonafid demi memancing investor calon korban.
2. Bisnis kantong bolong versi modern . Tipuan ponzi ini mulai menggunakan teknologi seperti internet untuk menawarkan “bisnis” yang sebetulnya tidak pernah ada. Karena muncul secara online, para opportunis bisnis ini menyebutnya sebagai bisnis online () walau modus ini sama sekali tidak layak disebut bisnis. Tampilan website dan presentasi para membernya demikian memikat, terkadang diadakan dalam pesta yang mewah. Mereka pun tak segan memancing lebih banyak korban dengan membagi-bagikan bonus dan hadiah kepada segelintir investor awal. Bisa ditebak, investor belakangan hanya menggigit jari. Tipe no. 1 & 2 ini akan  di bahas di artikel selanjutnya dengan judul Aneka Modus Tipuan Ponzi dalam Bisnis Online
3. Ponzi dalam balutan MLM . Kebanyakan orang berpendapat bahwa ponzi merupakan money game yang tidak melibatkan jual beli barang. Jadi kalau ada jual beli barang, itu bukan ponzi. Tentu saja pendapat ini salah karena bagaimana pun target skema ponzi adalah bagaimana merekrut dan menarik uang masyarakat. Meski bisnis MLM merupakan bisnis yang legal dan baik , ada banyak modus MLM yang populer digunakan untuk penipuan ponzi saat ini seperti:
Menjual barang sampah, alias barang tidak berguna. Masyarakat tidak peduli dengan barang yang ditawarkan tetapi lebih kepada janji-janji bonus, yang ujung-ujungnya diperoleh dari dana masyarakat yang dikumpulkan lewat uang pendaftaran.
Menjual dengan harga jauh di atas harga normal. Modus ini sangat populer dan marak saat ini. Mereka menarik dana masyarakat melalui barang-barang yang dijual jauh lebih mahal dari seharusnya atau dibandingkan produk sejenis di pasaran. Uang yang diperoleh dari selisih harga yang demikian tinggi, itulah yang diputar dengan skema ponzi. Termasuk dalam hal ini adalam MLM modus alat kesehatan, investasi emas, obat tradisional – kecantikan, dan sebagainya.
Online Ponzi: Menawarkan barang-barang virtual yang tidak terlalu bermanfaat atau menawarkan replika website yang semata digunakan untuk menjaring korban lainya. Tidak sedikit juga ponzi modus MLM yang menjerat korban dengan menawarkan produk-produk virtual yang sebetulnya banyak tersedia gratis tetapi kemudian dikemas sedemikian sehingga terkesan berbeda dan penting banget, bakal laku sekali…dst, sehingga orang berbondong-bondong bergabung. Padahal dalam kenyataannya, kebanyakan mereka hanya berbicara tenang bagaimana merekrut lebih banyak member (menarik uang lebih banyak) dibanding membicarakan manfaat produknya.
4. Aneka tawaran investasi saham, forex, properti, dan berbagai usaha lainnya, baik offline maupun online, tanpa disertai izin resmi dari instansi pemerintah terkait.
Ponzi Merupakan Praktek Bisnis Ilegal dan Terlarang.
Sejumlah negara secara tegas menolak kegiatan bisnis berbasis ponzi. Amerika Serikat secara tegas dan rutin memberantas praktek-praktek ini. Satgas dari SEC (Securities and Exchange Commission) melaporkan setidaknya 15 kasus ponzi diberantas di tahun 2011
Di Indonesia sendiri, praktek ponzi dalam dunia jual beli resmi dinyatakan dilarang melalui Undang-undang No.7/2014 tentang Perdagangan. Hanya saja dalam UU tersebut,
skema ponzi diistilahkan dengan skema piramida , keduanya memang sering digunakan secara bergantian di masyarakat. UU Perdagangan secara jelas melarang praktek ponzi dalam distribusi atau penjualan barang antara lain sebagai berikut:
Penjelasan pasal 9 tersebut adalah:
Ancaman hukuman bagi mereka yang menjalankan bisnis tipuan modus skema ponzi/piramida:
Meski terkesan kurang antisipatif terhadap muslihat aneka modus ponzi sebagaimana dijelaskan di atas, kehadiran UU Perdagangan ini semoga menjadi langkah awal untuk menghindarkan masyarakat dari berbagai modus penipuan yang saat ini sangat sporadis dalam aneka bentuk dan modus.

Rabu, 08 Agustus 2018

Kota Mekah dan Bakka

Teman-teman muslim senantiasa menyatakan bahwa Paran dan Baka adalah Mekah, sementara Kedar menubuatkan seorang nabi dari keturunan Kedar – Ismail yang berarti merujuk kepada nabi Muhammad SAW. 
Apakah klaim tentang Paran dan Baka merujuk kepada kota Mekah itu benar? 
Kita lihat dalam bahasan berikut. 

A. PARAN 
Menurut muslim :
Ulangan 33 : 2: 
Maka katanya: "Tuhan telah datang dari Thursina, dan telah terbit bagi mereka itu dari Seir. Kelihatanlah ia gemerlapan cahayanya dari gunung Paran, lalu datang hampir dengan Bukit Kades. Maka pada kanannya adalah tiang api bagi mereka itu." 

Ayat ke-2 membicarakan tentang tiga tempat, yaitu Thursina, Seir dan Paran. 
1. Thursina adalah bukit dimana Nabi Musa a.s. mendapatkan dua log batu dan Tauratnya dari Allah, 
2. Seir menyebutkan suatu bukit ditanah Kanaan yang dalam hal ini menunjukkan dimana gerangan Nabi Isa a.s. akan lahir, yakni di Baitlahim
3. Paran namanya adalah menunjukkan di mana Nabi Muhammad akan lahir, sebab Paran itulah nama Mekkah yang aslinya dimana Ismail tinggal sesuai dengan Kej 21 : 21 : Maka tinggallah ia di padang gurun Paran dan ibunya mengambil seorang istri baginya dari tanah Mesir. 

Komentar : 
Kita lihat dulu peta no. 1 dibawah ini yang mengindikasikan letak Paran, tempat Ismail tinggal diujung timur jazirah Sinai. 
Dengan hipotesa bahwa Paran ada di sisi timur jazirah Sinai, kita akan melihat apakah hipotesa ini benar. 

 

Sumber : http://www.keyway.ca/gif/wildjour.gif 

I. APAKAH PARAN DI JAZIRAH SINAI 

Kita lihat pembahasan berikut ini : 
PERTAMA : 
Hagar adalah seorang Mesir. 
Kej 16 : 1 - 3 : 
16 : 1 : …….. Ia mempunyai hamba seorang perempuan, Hagar namanya.
16 : 3 : Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu 

Kutipan kedua : 
Sejarah Hidup Muhammad Sirah Nabawiyah 
Syaikh Shafiyyur Rahman Al-Mubarakfury
Robbani Press, Mei 2002, halaman 5 
…. Hajar adalah seorang yang merdeka, dan dia adalah PUTRI FIR’AUN 

Sebagai seorang Mesir, Hagar wanita muda yang memiliki anak yang masih kecil (Ismail), KEMANA IA AKAN PERGI JIKA IA DIUSIR oleh Ibrahim?? 
Secara naluri Hagar pasti akan mengambil rute PULANG ke MESIR, ketempat dimana DIA BERASAL. Jadi sangat masuk akal jika Paran ini adalah rute pulang dari Israel menuju ke Mesir. 
Sangat tidak masuk akal jika Hagar justru mengambil rute Israel menuju ke YAMAN yang melalui Mekah. 

KEDUA : 
Ismail dan Hagar setelah diusir oleh Abraham menggembara di Bersheba dan menetap di Paran. 
Kej 21 : 14, 21 : ….. pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersheba ……. Maka tinggallah ia di padang gurun Paran …… 

Dimana Bersheba. 
Dapat dilihat dipeta no. 2 dibawah ini : 

 

Sumber : http://www.lonelyplanet.com/mapimages/m ... tories.gif 

Terlihat dari Bersheba ke Paran yang diperbatasan jazirah Sinai tidaklah jauh, hanya sekitar 150 km. 
Dan Bersheba – Paran adalah jelas RUTE MENUJU KE MESIR. 
HAGAR BERENCANA HENDAK PULANG KE MESIR, dan ini sangat naluriah dan masuk akal. 
Bukannya menuju negeri antah berantah yang belum didiami seorangpun. 

KETIGA : 
Dikutip dari hadis yang mengisahkan Ibrahim meninggalkan Hagar dan Ismail : 
Sahih Bukhari, Volume 4, buku 55, nomer 583: 
Dikisahkan oleh Ibn Abbas: 
…... Abraham membawa Hagar dan anaknya Ismael yang masih menyusu ketempat dekat Kabah dibawah pohon dilokasi Zam Zam, …... Pada saat itu TIDAK ADA ORANG DI MEKAH, BEGITU PULA TIDAK ADA AIR. Jadi Abraham menyuruh mereka duduk ditempat itu dan meletakkan sebuah tas kulit berisi kurma dan AIR DALAM TAS KULIT dan kemudian pulang. …….………. Malaikat berkata bepada Hagar, “Jangan takut , karena disinilah rumah Allah akan dibangun oleh anak ini dan ayahnya, dan Allah tidak pernah mencampakkan umatNya. ………… Hagar HIDUP DISANA HINGGA BEBERAPA ORANG DARI SUKU JURHUMmendapatinya dan Ismail disana…………….. Ismail tumbuh besar dan belajar bahasa Arab dari mereka (suku Jurhum) ……… 

Hadis diatas menimbulkan beberapa persoalan : 
1. Apa perlunya Ibrahim harus mengantar Hagar dan Ismail yang masih menyusu dari Israel ke Mekah yang jaraknya sekitar 1400 km. Perjalanan ini bisa memakan waktu 2 – 3 bulan 
2. Mengapa Ibrahim meninggalkan Hagar dan Ismail diMekah yang saat itu BELUM ADA PENDUDUKNYA. Meninggalkan seorang ibu muda dan bayinya yang masih menyusu ditempat yang masih kosong melompong. Apakah ini bukannya pembunuhan secara perlahan. 
3. Mengapa Ibrahim meninggalkan Hagar dan Ismail ditempat yang TIDAK ADA AIRNYA hanya dengan bekal air sebanyak 1 tas kulit saja? Apakah ini bukannya pembunuhan secara perlahan. 

KEMPAT : 
Keturunan Ismail tinggal di TIMUR MESIR ke arah ASYUR 
Kej 25 : 18 : Mereka mendiami daerah dari Hawila sampai Syur, yang letaknya di sebelah timur Mesir kearah Asyur 

Lokasi Hawila tidak dapat ditentukan secara tepat oleh Arkeologi 

Lokasi Syur. 
Kel 15 : 22 : Musa menyuruh orang Israel berangkat dari laut Teberau lalu mereka pergi ke padang gurun Syur 

Setelah keluar dari Mesir, bangsa Israel yang dikejar oleh penguasa Mesir menyeberangi laut Teberau untuk mencapai jazirah Sinai. Jadi Syur berada di jasirah Sinai. 

Lokasi Asyur 
Kej 2 : 14 : Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir disebelah timur Asyur ….. 

Jadi Asyur terletak disebelah barat sungai Tigris dan ini adalah wilayah Irak yang sekarang. 

Lokasi sungai Tigris dapat dilihat di peta no. 3 berikut : 

 

Sumber : http://www.keyway.ca/gif/babylon.gif 

Dan arah Mesir ke Irak ini adalah MELALUI JAZIRAH SINAI. 

Dari uraian diatas jelas bahwa keturunan ISMAIL TINGGAL DIUJUNG TIMUR JAZIRAH SINAI dan tidak mungkin di sekitar Mekah, karena : 
• Mekah tidak terletak di timur Mesir melainkan di selatan Mesir 
• Mekah tidak terletak di jalur antara Mesir dan Irak, melainkan jalur Mesir dan Yaman. 

KELIMA : 
Kej 37 : 25 : ……. .. kafilah orang Ismail datang dari Gilead ……. ke Mesir” 

Dimana Gilead? 
2 Raja 10 : 33 : disebelah timur sungai Yordan dengan merebut seluruh tanah Gilead ….. 

Jadi Gilead adalah tanah disebelah timur sungai Yordan (daerah Yordania yang sekarang) 
Lihat peta no 4 dibawah ini. 

 

Sumber : http://www.keyway.ca/gif/gilead.gif 

Ayat diatas jelas bahwa kafilah Ismail mondar-mandir membawa barang dagangan dari timur sungai Yordan menuju Mesir. 
Jika kita lihat peta no 3 diatas, jelas jalur ini akan melalui jazirah Sinai. Ini mengindikasikan bahwa orang Ismail tinggal di sekitar Sinai yang adalah tengah-tengah rute perjalanan dari Gilead dan Mesir. 
Akan aneh jika suku Ismail tinggal di Mekah harus berjalan dulu ke utara sekitar 1200 km ke Gilead (timur sungai Yordan) kemudian berbalik ke barat menuju Mesir karena itu bukan rute yang melalui tempat tinggal mereka. 

KEENAM : 
Kutipan dari sumber sekuler : 
The Encyclopedia of World History. 2001. 
dapat diakses di : http://www.bartleby.com/67/127.html 

THE KINGDOM OF QEDAR. The Qedarites were the most organized of the Northern Arabian tribes, and at its height in the 6th century, the organization controlled a large region from the Persian Gulf to the Sinai. Ashurbanipal allied himself with the King Yauta` (676–652), though he later helped depose him in favor of Abiyate (652–644). After this, nothing is known of Qedar until the 5th century, when an Aramaic inscription names Geshem and Qainu as kings. The “Geshem the Arab” mentioned in the Book of Nehemiah is possibly this person (Neh. 2:19, 6:1). 

Kerajaan Kedar 
Kaum Kedar adalah yang paling terorganisir diantara suku-suku ARAB DI UTARA, mencapai kejayaannya di abad 6 SM dengan mengontrol wilayah dari TELUK PERSIA HINGGA SINAI. Ashurbanipal mengadakan aliansi dengan raja Yauta (676 SM – 652 SM) sekalipun kemudian Ashurbanipal memecat Yauta dan menggantikan dengan Abiyate (652 SM – 644 SM). Setelah ini, tidak ada yang diketahui lagi tentang Kedar hingga abad ke 5 SM, ketika sebuah inskripsi Aramaic menyebutkan Geshem dan Qainu sebagai raja. “Geshem Orang Arab” dalam kitab Nehemia 2 : 19 kemungkinan adalah Geshem dalam inskripsi tersebut. 

Jadi Kedar adalah suku yang tinggal di ARAB BAGIAN UTARA, jelas BUKAN DI MEKAH. 

JAdi Kedar adalah suku yang mengontrol wilayah dari TELUK PERSIA HINGGA SINAI, jelas BUKAN BERKUASA DI MEKAH. 

KETUJUH : 
Kutipan dari sumber sekuler : 
Encyclopedia Britannica edisi 2003, 
topic Sinai Peninsula 

After the decline of the Egyptian empire, Nabataeans from Petra controlled the trade routes of the Sinai for two centuries until they were defeated by the Romans in AD 106. The region then became part of the province of Arabia in the Roman Empire.

Setelah melemahnya kerajaan Mesir, kaum Nabayot (Nabit) dari Petra mengontrol rute perjalanan di Sinai selama 2 abad hingga saat mereka dikalahkan oleh kekaisaran Romawi di tahun 106 M. Daerah ini kemudian menjadi bagian dari propinsi Arab dari kekaisaran Romawi. 

Nabit adalah anak sulung Ismail. 
Kej 25 : 13 : ….. Nebayot anak sulung Ismail, selanjutnya Kedar ……… 

Petra ini adalah daerah disekitar perbatasan jazirah Sinai dengan wilayah Israel yang sekarang. Lihat peta no. 5 dibawah ini. 

 

Sumber : http://oi.uchicago.edu/OI/INFO/MAP/SITE ... 150dpi.gif 

KEDELAPAN : 
Anak Ismail yang ke 9 adalah Tema. 
Kejadian 25 : 12 - 15 : 
Inilah keturunan Ismail ......... Hadad, Tema, Yetur ........... 

Diwilayah Arab Saudi sisi UTARA ada sebuah kota bernama Tayma/Teyma. 
Lokasinya dapat dilihat dipeta berikut ini. 

 

Terlihat bahwa dari Teima ke Mekkah jaraknya masih sekitar 700 km. 

KESEMBILAN : 
Dikutip dari : 
Muhammad Sang Nabi
Sebuah Biografi Kritis
Karen Armstrong
Risalah Gusti, Maret 2001, halaman 65 

Pada masa Muhammad, Kabah secara resmi didedikasikan kepada tuhan HUBAL, tuhan yang dibawa ke Arab dari kerajaan Nebatean yang kini disebut Yordania 

Nebatean adalah bangsa yang berasal dari Nebayot, yaitu anak pertama Ismail 
Kej 25 : 13 :
Inilah nama anak-anak Ismail,disebutkan menurut urutan lahirnya : Nebayot, anak sulung Ismail, selanjutnya Kedar ……. 

Jadi keturunan Ismail dari Nebayot tinggal di wilayah Yordania yang sekarang. 

Ini membuktikan bahwa dari 3 anak Ismail yaitu Nabit, Kedar dan Tema semuanya berdiam di sebelah UTARA Arab, sangat jauh dari Mekkah. 

Keberadaan keturunan Ismail di Semenanjung Sinai membuktikan bahwa Paran berada di Sinai seperti penuturan Alkitab. 

Dalam kesembilan poin diatas dengan memperhatikan point 5 (Kejadian 37 : 25) yang menyatakan bahwa suku Ismail melakukan perdagangan dari Gilead ke Mesir yang melalui Sinai. Peristiwa ini sejaman dengan Yakub yang berarti sekitar tahun 1900 SM. 
Sementara abad ke 5 SM suku Kedar menguasai wilayah sekitar Sinai (poin 6) dan ditahun 106 M suku Ismail dari Nabit masih mendiami wilayah Sinai (poin 7). 

Berarti dari masa sekitar 1900 SM hingga tahun 107 M wilayah Sinai didiami oleh keturunan Ismail. 

Kesimpulannya PARAN ADA DI SISI TIMUR JAZIRAH SINAI BUKAN MEKAH sesuai dengan peta no. 1. 

II. APAKAH PARAN ADALAH MEKAH 

Kita perhatikan peta no. 6 dibawah ini yang memperlihatkan wilayah Timur Tengah. 

 

Sumber : http://www.sitesatlas.com/Maps/Maps/604r.gif 

Berikut akan kita uji apakah tepat jika Paran adalah Mekah. 

PERTAMA : 
Kej 21 : 21 : Maka tinggallah ia di padang gurun Paran dan ibunya mengambil seorang istri baginya dari tanah Mesir. 

Jika Ismail tinggal di Mekah apa perlunya Hagar sang ibu harus pergi jauh-jauh ke Mesir untuk mencari istri bagi Ismail. 
Bayangkan rute yang harus diambil dengan melalui jalur laut : 
• Dari Mekah ke Jedah jarak sekitar 90 km 
• Dari Jedah harus naik kapal menyeberang Laut Merah yang lebarnya sekitar 200 km, mendarat di sekitar Port Sudan 
• Dari Port Sudan ke kota kuno Mesir, misalkan ke Thebe jaraknya sekitar 600 km 

Perjalanan Hagar diatas bisa memakan waktu berbulan-bulan hanya untuk sekedar mendapatkan menantu. Tidak masuk akal. 
Sebaliknya jika Paran ada di timur jazirah Sinai maka penuturan Alkitab sangat masuk akal. 

KEDUA : 
Bilangan 13 : 1 - 3 : 
‘Tuhan berfirman kepada Musa, “Suruhlah beberapa orang mengintai tanah Kanaan yang akan Kuberikan kepada orang Israel …….. Lalu Musa menyuruh mereka dari padang gurun Paran, sesuai dengan titah Tuhan’ 

Apakah nabi Musa menyuruh mengintai Kanaan dari Mekah yang jauhnya sekitar 1400 km dari Kanaan. 
Tidak masuk akal. 
Apakah ada ayatnya di qur’an yang menyebutkan nabi Musa dan umat Israel pergi ke Mekah? 
Sebaliknya jika Paran ada di timur jazirah Sinai maka penuturan Alkitab sangat masuk akal. 

KETIGA : 
1 Samuel 25 : 1 : 
Dan matilah Samuel ; seluruh Israel berkumpul meratapi dia dan menguburkan dia dirumahnya di Rama. Dan Daud berkemas, lalu pergi ke padang gurun Paran. 

Apa perlunya raja Daud pergi ke Mekah yang jauhnya sekitar 1400 km dari Rama? Tidak masuk akal. 
Apakah ada ayatnya di qur’an yang menyebutkan nabi Daud pergi ke Mekah? 
Sebaliknya jika Paran ada di timur jazirah Sinai maka penuturan Alkitab sangat masuk akal. 

Jadi kutipan 3 ayat diatas, bisa disimpulkan bahwa PARAN TIDAK MUNGKIN MEKAH KARENA JARAKNYA TERLALU JAUH. 

B. BAKA 

Menurut muslim :
Nama Makkah disebut dalam Al-Qur'an dalam surat Al-Fath (48 : 24) :
Dan Dialah yang menahan tangan mereka dan (membinasakan) kamu dan (menahan) tangan kamu dari (membinasakan) mereka ditengah kota Mekah ……..

Nama lain Makkah adalah Bakka, tergantung dialek sukunya.
Hal ini disebut sekali dalam Surat Ali 'Imran (3): 96, yaitu: 
"Sesungguhnya rumah yang mula-mula dlbangun (untuk tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia."

Sungguh mengagumkan, kota Bakka ini disebut oleh Nabi Daud Alaihis-salam dalam Injil - Mazmur 84:7) : 
"Apabila melintasi lembah Bakka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat." 

Komentar : 
Dikutip yang cukup lengkap : 
Maz 84 : 7 – 8 : 
Apabila melintasi lembah Baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; ………. Mereka berjalan makin lama makin kuat, hendak menghadap Allah di Sion” 

Sion adalah nama lain dari Yerusalem. 
1 Raja 8 : 1 : 
Pada waktu itu raja Salomo menyuruh semua para tua-tua Israel dan semua kepala suku … berkumpul di hadapannya di Yerusalem …. yaitu Sion. 

Kita lihat dari konteks kalimatnya : 
Penulis kitab Mazmur menggambarkan orang-orang Yahudi yang hendak berziarah ke Yerusalem dimana harus melalui lembah Baka. Tidak logis jika orang-orang Yahudi yang berdiam di tanah Israel dan wilayah sekitarnya saat hendak ke Yerusalem harus menuju Mekah dulu yang jaraknya sekitar 1400 km kemudian berbalik lagi ke Yerusalem. 

Ada 2 pendapat tentang lokasi lembah Baka ini. 

PERTAMA : 
Yang berpendapat adalah Lembah Beka di Lebanon. 
Lembah Beka disebut juga Biqa atau Beqaa berada di Lebanon. 

Dikutip dari : 
Encyclopaedia Britannica
Edisi 2003
Sub Topik : Al-Biqa 

also spelled Bekaa, or Beqaa, classical Coele Syriabroad valley of central Lebanon, 
juga disebut Bekka atau Beqaa …. Lembah di Lebanon tengah

The valley contains nearly half of Lebanon's arable land …… 
Lembah ini adalah hampir setengah dari tanah Lebanon yang dapat ditanami ….. 

Perbatasan secara geografi : 
Timur : kota Al Labwah 
Selatan : kota Baalbek 
Barat : kota Bahari 
Utara : kota Al Hirmil 

Lihat peta no. 7 dibawah ini. 

 

Sumber : http://www.the-lebanon.com/lebanon_coun ... n_sm02.gif 

KEDUA : 
Arti “baca” dalam bahasa Ibrani adalah “pohon param (balsam tree)”. 

Kita bisa menemukan referensi dari Alkitab tentang lembah POHON PARAM ini. 
2 Sam 5 : 22 – 23 : 
“Ketika orang Filistin maju sekali lagi dan memencar di lembah Refaim, maka bertanyalah Daud kepada YAHWE dan Ia menjawab, “ ….. engkau dapat menyerang mereka dari jurusan pohon-pohon param (balsam tree) 

Lembah Refaim sendiri terletak sekitar 6 km sebelah barat daya Yerusalem. Berarti lembah Baka sendiri pasti terletak tidak jauh dari lembah Refaim. 

Tampaknya Islam mengartikan hanya karena kesamaan bunyi dari 2 bahasa yang berbeda. Namun jika kita lihat struktur konsonan antara kedua kata ini maka jelaslah bahwa Bacca tidak mungkin Mekah. 
Tulisan Ibrani kuno dan Arab kuno tidak memiliki simbol huruf hidup, semua kata ditulis dengan huruf mati. 
Jadi : 
BAKKA akan ditulis BKK dalam huruf Ibrani kuno 
MEKKA akan ditulis MKK dalam huruf Arab kuno 

C. MEKAH 
Muslim mengklaim bahwa kota Mekah adalah pusat dari agama Islam dan pusat dari sejarah. Menurut mereka “tempat suci pertama yang diperuntukkan manusia adalah Mekah, tempat yang diberkati, petunjuk bagi umat manusia ." (Sura 3:96). 

Menurut tradisi Islam, Adam menempatkan batu hitam didalam Kabah. Sementara menurut Qur’an (Sura 2:125-127) adalah Abraham dan Ismael yang membangun ulang Kabah beberapa tahun kemudian. 
QS 2 : 127 :
Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): "Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". 

Jadi menurut Muslim, Mekah dipandang sebagai kota yang pertama dan paling penting didunia. 

Namun bertentangan dengan pandangan Islam diatas, ternyata yang didapati justru : 
• Tidak ada dokumentasi secuilpun yang menyatakan bahwa Abraham pernah pergi atau tinggal di Mekah. 
• Tidak ada bukti arkeologis dan referensi secuilpun tentang kota Mekah sebelum era Islam. 

Beberapa pembahasan diberikan dsibawah ini : 
PERTAMA : 
Dari penelitian yang dilakukan oleh Patricia Crone dan Michael Cook dalam buku Hagarism : The Making of The Islamic World, 1977, satu-satunya kemungkinan penyebutan Mekah dalam dokumen pra Islam adalah yang ditulis oleh sejarawan Ptolemy abad ke 2 M yang menyebutkan sebuah kota bernama “Makoraba”. Namun tidak ada kepastian dari dugaan ini karena nama Makoraba hanya disebut sepintas saja. 

KEDUA : 
Selain itu kemungkinan lain adalah dari laporan Strabodalam buku : 
Geography, buku XVI, bab iv, 
halaman 1-4, 18-19, 21-26, 
Buku ini bertarikh tahun 22 masehi. Namun laporan dari Strabo tidak menuliskan adanya kota Mekah, melainkan lebih merupakan gambaran tentang sisi pantai Hijaz dan sebuah kota bernama Negrani. 

Berikut kutipannya : 
Kemudian adalah pantai yang berbukit-bukit, dan setelah itu beberapa teluk dan kota yang dihuni oleh kaum nomaden, yang hidup dengan unta mereka.
Penguasa kota tersebut adalah Sabos. Gallus menghabiskan lima puluh hari melalui daerah ini, melalui jalanan, dan kemudian sampai dikota Negrani. 

Namun lagi-lagi, tidak ada kepastian sama sekali tentang Negrani adalah Mekah. 

KETIGA : 
Sementara dikutip dari buku : 
Sejarah Hidup Muhammad 
Muhammad Husain Haekal 

BAGIAN KEDUA: MEKAH, KA'BAH DAN QURAISY

….. Untuk mengetahui sejarah dibangunnya kota ini SUNGGUH SUKAR SEKALI. MUNGKIN sekali ia bertolak ke masa ribuan tahun yang lalu. ……. MUNGKIN sekali Ismail anak Ibrahim itu orang pertama yang menjadikannya sebagai tempat tinggal, …. Kalau Ismail adalah orang pertama yang menjadikan Mekah sebagai tempat tinggal, maka sejarah tempat ini sebelum itu GELAP SEKALI. 

Jadi Haekal mengakui bahwa sejarah kota ini SANGAT SUKAR ditelusuri dan GELAP SEKALI . 
Tentu saja, karena pada jaman Pra Islam, kota Mekah boleh dikata TIDAK DIKENAL. 

KEEMPAT : 
Sementara dari buku yang lain : 
Sejarah Kota Mekah – Klasik dan Modern
Akbar Media Eka Sarana, Januari 2003
DR. Muhammad Ilyas Abdul Gani 

Tidak satupun memberikan informasi tentang catatan arkeologis pra Islam yang dapat menguatkan klaim bahwa kota Mekah tersebut telah didirikan pada jaman Abraham (sekitar 2000 SM). 

KELIMA : 
Satu kesimpulan akhir yang cukup masuk akal adalah : 
Dikutip dari : 
Muhammad – Kisah Hidup Nabi Berdasar Sumber Klasik
Martin Lings
Serambi Ilmu Semesta, 2002, halaman 10 

... Ada 2 pusat suci yang melingkupi Ibrahim : satu didaerahnya, dan satu lagi MUNGKIN BELUM DIKETAHUI, dan MUNGKIN KESANALAH Hajar dan Ismail dituntun, kesuatu lembah tandus di Arabia ....... Lembah itu bernama Bakah. 

Jadi pengaitan Mekah dengan Bakah hanyalah sesuatu yang hanya bisa disimpulkan sebagai MUNGKIN. Karena memang TIDAK ADA BUKTI-BUKTI PRA ISLAM yang menguatkan hal tersebut. 

Begitu juga, tidak ada bukti yang mengkaitkan Mekah sebagai TEMPAT PEMUJAAN YANG UTAMA DARI ERA IBRAHIM HINGGA MENJELANG ERA ISLAM. 

Sekian

Sumber referensi 

https://senjatarohani.wordpress.com/2015/01/24/sejarah-islam-mula-mula-dalam-arkiologi-dan-literatur-penelitian-abad-21/

Minggu, 05 Agustus 2018

7 tips cinta jarak jauh

   Dalam setiap hubungan yang dipisahkan oleh jarak, ada jutaan rindu yang menyeruak. Dan dalam setiap keping kerinduan, ada cinta yang mampu bertahan.


  Setiap pasangan kekasih atau suami istri pasti tidak ingin dipisahkan jarak dan waktu. Apalagi jika sudah ada ikatan mendalam di antaranya. Tetapi, kadang kenyataan berkata lain. Entah karena tuntutan pekerjaan atau alasan lainnya, mereka bisa saja hidup berjauhan untuk sementara waktu, atau malah mungkin dalam satu periode yang amat panjang.
Seperti saya, yg harus menahan rindu 2 setahun tinggal berjauhan dari suami. Terlebih lagi long distance nya beda negara. Untuk sementara ini, saya melabeli diri saya sebagai istri yang lulus uji LDR (Long Distance Relationship) atau lebih tepatnya LDM
(Long Distance Marriage) dengan predikat
cumlaude karena minim drama selama periode percintaan jarak jauh tersebut. Jadi, saya percaya diri menuliskan 7 tips ini untuk kamu dan pasangan agar bisa bertahan dalam Long Distance Relationship/Marriage.

1. Rencanakan dan bicarakan dari awal
Dari awal sebelum menjalani LDR/LDM, pastikan kamu dan pasangan sudah membahas rencana hubungan jarak jauh ini. Hubungan jarak jauh membutuhkan kesiapan kedua belah pihak untuk berada dalam keadaan jauh di mata dekat di hati, jika pesan lama dibalas jangan dimasukkan ke hati. Karena itu, bicarakan mengapa kamu harus menjalani hubungan jarak jauh ini, apa tujuannya, dan apa yang ingin kamu capai atau pasanganmu capai sehingga harus saling berjauhan. Dengan membicarakan hal-hal tersebut, hubungan jarak jauhmu akan lebih mudah dijalani karena pengertian sudah dibangun sejak awal.

2. Menjaga komunikasi
Faktor paling penting dalam menjalani hubungan jarak jauh adalah menjaga komunikasi. Bukan berarti kamu harus selalu mengirim pesan "Kamu di mana? Dengan siapa? Semalam makan apa?" dan pertanyaan-pertanyaan penuh khawatir lainnya.
Agar lebih mudah, kamu dan pasangan bisa menentukan jam berapa sebaiknya kalian saling menghubungi baik melalui telepon, chat , maupun video call . Pastikan kamu dan pasangan saling tahu jam berapa kamu dan dia mulai berkegiatan dan jam berapa mulai istirahat, agar tidak saling menggangu kegiatan dan tidak membuat pasangan jadi malas komunikasi karena kamu dianggap tidak mau memahami kegiatannya. Akan tidak menyenangkan misalnya jika kamu bersikeras ingin video call padahal dia sudah mengantuk sekali. Sesekali kamu juga bisa mengirim pesan-pesan cinta kepada pasangan sebagai kejutan. Karena tanpa kejutan, cinta akan terasa biasa saja.

3. Atasi perbedaan zona waktu
Khusus untuk yang hubungan jarak jauhnya bukan lagi antarkota-antarpropinsi tapi sudah berbeda zona waktu, tantangannya akan makin berat. Bisa jadi kamu baru akan mulai kegiatan, sedangkan pasangan sudah istirahat atau pun sebaliknya. Seperti yang saya alami. Saat ini, karena suami saya sedang berada di belahan dunia lain yang perbedaan waktunya 2 jam dari tempat saya tinggal.
Bagaimana cara mengatasinya? Yang pasti, saling pengertian saja. Janjian kapan waktu terbaik untuk saling melepas rindu lewat kata atau lewat video call . Jangan egois, jangan hanya karena kamu baru saja sarapan dan energi penuh, kamu menuntut dia meladeni kamu mengobrol padahal di sana sudah masuk jam kerja. 

4. Berikan kejutan-kejutan kecil
Kejutan-kejutan kecil bisa menjadi sesuatu yang spesial yang akan menimbulkan kerinduan dan menguatkan batin kamu dan pasangan. Kamu bisa siapkan kejutan-kejutan kecil misalnya mengirimkan foto kamu yang sedang berdandan cantik untuk memberi semangat dia. Kamu juga bisa mengirimkan hal-hal lain sebagai kejutan.
Baru-baru ini saya mendapatkan hadiah berupa sebuah video yang dibuat oleh suami saya dan teman-temannya,  Videonya mungkin hanya berdurasi beberapa detik saja, tapi bahagia yang saya rasakan awet.

5. Jangan terlalu dibawa perasaan
Ketika kesedihan karena jauh dari pasangan terlalu dibawa perasaan, perasaan itu bisa membuat hidup indah berubah menjadi susah. Ini sama saja meracuni diri sendiri. Kalau sedikit-sedikit dibawa perasaan, lama-lama menjadi bukit permasalahan. Cobalah untuk menguasai diri dan tidak mudah sedih. Misalnya pasanganmu posting foto saat nongkrong bersama teman-temannya, kamu jangan terbawa perasaan dengan mengatakan bahwa, “Buat teman punya waktu, buat aku kok enggak?”
Jika ada hal-hal yang sekiranya membuat perasaaanmu kurang nyaman, sampaikan ke pasangan dengan cara baik-baik. Bicarakan berdua tanpa perlu update status galau. Jika memang kamu dan pasangan saling mencintai, segala hal bisa diselesaikan dengan pengertian.

6. Saling percaya dan saling menjaga
Yang ini adalah hal yang paling terlihat abstrak, nampak teoritis, tetapi romantis. Sesungguhnya ini adalah kunci sukses hubungan jarak jauh. Karena tanpa saling percaya dan saling menjaga, mustahil hubungan jarak jauh akan bertahan lama. Rasa saling percaya dibangun dari kejujuran bersama. Istilahnya, jangan membangun janji di atas ingkar dan jangan ada dusta di antara kita. Jika salah satu antara kamu atau pasangan tidak jujur, pasti akan muncul masalah dan panjang penyelesaiannya.
Usahakan selalu jujur. Apalagi di era media sosial saat ini, kamu tidak bisa berbohong. “Aku akan tidur.” Padahal semenit yang lalu baru saja
posting di media sosial sedang nonton di bioskop. Kebohongan-kebohongan kecil yang selalu dilakukan akan menggerogoti kepercayaan pasangan, hingga akhirnya pasangan mudah tak percaya dan hubungan jadi bermasalah.
Jadi, memang bukan perkara saling percaya saja tapi juga harus saling menjaga. Jaga diri, jaga hati, dan jaga perasaan pasanganmu. Sebelum melakukan apapun, coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu tidak apa-apa jika pasanganmu melakukan hal yang sama di sana? Jika kamu dan pasangan bisa saling percaya dan saling menjaga perasaan, hubungan jarak jauh kalian akan bisa dihadapi dengan lebih mudah.

7. Buatlah momentum pertemuan yang spesial
Apa yang ditunggu oleh sepasang kekasih atau suami istri yang terpisah jarak? Tentu saja pertemuan. Karena itu, buatlah setiap pertemuan menjadi spesial. Kamu bisa lakukan cara-cara sederhana. Misalnya dengan mempersiapkan masakan spesial untuk menyambut pasangan. Atau mungkin bisa meniru cara saya saat menyambut kedatangannya di tahun lalu. Aku berdiri di deretan penjemput di bandara dengan membawa tulisan seperti orang yang menjemput tamu pada umumnya. Tetapi, bukannya menuliskan namanya, aku menuliskan "Istrimu tercinta" dan mengangkat tulisan itu tinggi-tinggi. Tentu saja itu kejutan yang luar biasa dan membuat momen pertemuan kami menjadi spesial. Buat kejutan-kejutan spesialmu yang tak terlupakan agar pasanganmu makin rindu dan menantikan selalu momen pertemuan denganmu.
Tujuh tips di atas tidak mutlak bisa menjadikan hubungan jarak jauh kamu dan pasanganmu minim konflik karena keadaan dan cobaan dalam hubungan jarak jauh setiap pasangan berbeda-beda. Tetapi setidaknya 7 tips di atas bisa menginspirasi kamu dan pasangan untuk kuat dalam menjalani hubungan jarak jauh.

Itulah 7 tips saya yang lagi ngejalani LDR/LDM
Semoga bermanfaat

PREPEGAN

– Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata Prepegan ? Masyarakat Desa kebumen tentu tidak asing lagi mendengar kata Prepe...